Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property and Real Estate yang Listing di BEI periode 2014-2015

Sri Ani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ani, Sri. 2017. Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property and Real Estateyang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Fadia Zen, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nilai perusahaan, struktur modal dan ukuran perusahaan serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan antara struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini Struktur Modal diproksikan dengan Debt to quity Ratio (DER), Ukuran Perusahaan diproksikan dengan LnAktiva, dan Nilai Perusahaan diproksikan dengan Price to Book Value (PBV).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2015. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Dari 49 yang menjadi populasi diperoleh 45 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Sebelum menggunakan analisis regresi linear berganda terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji kolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi Price to Book Value mengalami peningkatan, kondisi struktur modal mengalami peningkatan, kondisi ukuran perusahaan mengalami peningkatan (2) struktur modal berpengaruh positif  signifikan terhadap nilai perusahaan (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Berdasarkan hasil dari penelitian, saran yang dapat diberikan adalah: (1) bagi Investor disarankan untuk lebih teliti lagi sebelum memutuskan berinvestasi agar untuk memperhatikan pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan, (2) bagi Perusahaan (Emiten), perusahaan sebaiknya memperhatikan kondisi perusahaan dan hal-hal lain seperti kondisi ekonomi Indonesia maupun krisis ekonomi, pajak, kurs, inflasi dan faktor-faktor lain, (3) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya mempertimbangkan penambahan variabel lain sebagai variabel independen yang lebih relevan dan berpengaruh terhadap nilai perusahaan contohnya profitabilitas.