Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KESALAHAN PENGGUNAAN PRONOMINA INDEFINIT各[gè]DAN 每[mĕi]DALAMKARANGANMAHASISWAPRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dhevy Olivia Firdaus, Dhevy Olivia Firdaus

Abstrak


Pronomina indefinit各 [gè] dan 每 [mĕi] memiliki padanan kata yang sama dalam bahasa Indonesia, yakni “tiap”. Meskipun kedua pronomina indefinitini memiliki padanan kata yang sama, namun keduanya memiliki kenggunaan yang berbeda. Secara sekilas penggunaan pronomina indefinit各 [gè] dan 每 [mĕi] tampak sederhana, namun fakta menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa mahasiswa yang tidak paham tentang penggunaan kedua pronominal indefinit tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan pronomina indefinit各 [gè] dan 每 [mĕi] serta faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes mengarang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2014. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan pronomina indefinit各 [gè] dan 每 [mĕi]. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Peneliti juga menggunakan instrumen pendukung berupa tes mengarang, lembar dokumentasi, dan lembar angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih melakukan kesalahan penggunaan pronomina indefinit各 [gè] dan每 [mĕi]. Pada pronomina indefinit各 [gè] ditemukan 3 jenis kesalahan, yaitu: (1) 各 [gè] mengacu pada perbedaan individual, (2) 各 [gè] terkadang diletakkan di depan artikel, dan (3) seharusnya tidak menggunakan各 [gè]. Adapun 6 jenis kesalahan penggunaan pronominal indefinit每 [mĕi],yaitu: (1) 每 [mĕi] mengacu pada persamaan individual, (2) 每 [mĕi] dengan struktur“每[mĕi] 都[dou] 。”, (3) 每 [mĕi] tidak dapat langsung disusun dengan nomina, (4) 每 [mĕi] dapat langsung diletakkan di depan verba, (5)struktur kalimat “每[mĕi]+angka+artikel+nomina”, dan (6)seharusnya tidak menggunakan每 [mĕi].

Dari hasil analisis data lembar kuesioner (angket), diketahui beberapa faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam penggunaan pronomina indefinit各[gè] dan 每 [mĕi], yaitu (1) mahasiswa jarang menggunakan各 [gè], (2) mahasiswa kurang mengerti penggunaan 各 [gè], (3) mahasiswa belum sepenuhnya paham dengan perbedaan atau persamaan penggunaan各 [gè] dan 每 [mĕi], (4) kurangnya penjelasan dari dosen untuk perbedaan penggunaan各 [gè] dan 每 [mĕi], (5) mahasiswa jarang mendengar dosen menggunakan 各 [gè]. Jadi, mahasiswa juga jarang menggunakan 各 [gè].