Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kertu Jack Mandarin untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMA

Mardliatul Husnah

Abstrak


ABSTRAK

Husna Mardliatul. 2016. Pengembangan Media Kartu Jack Mandarin untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu, Kelayakan

Mempelajari kosakata bahasa Mandarin bukan hal mudah, karena bahasa Mandarin menggunakan Hanzi dan Pinyin dalam penulisan, serta satu kata dalam bahasa Mandarin bisa memiliki empat makna yang berbeda dengan empat nada yang berbeda. Pembelajaran bahasa Mandarin di sekolah monoton karena tidak tersedianya media pembelajaran bahasa Mandarin yang dapat menjadikan pembelajaran Bahasa Mandarin lebih menarik.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Mandarin di kelas X SMA, dan mengetahui kelayakan media kartu Jack Mandarin sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di SMA Negeri 6 Malang.

Jenis Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan memodifikasi teori pengembangan Sugiyono. Tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, dan (7) Revisi Produk. Penentuan tingkat kelayaka produk dilakukan berdasarkan  uji validasi materi, uji validasi desain dan uji coba produk di SMA Negeri 6 Malang kelas XI Lintas Minat Bahasa Mandarin yang berjumlah 10 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media kartu Jack Mandarin melalui uji validasi dan uji coba produk. Media kartu ini dapat menarik minat belajar siswa serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi. Akan tetapi media kartu ini juga masih memiliki kelemahan yaitu aturan permainan yang sedikit rumit, sehingga diawal permainan tidak jarang siswamasih kesulitan memainkan kartu. Tetapi setelah diberi arahan, siswa terlihat sangat mudah dan sangat senang dalam memainkan kartu Jack Mandarin. Sehingga media kartu ini sangat layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Mandarin di kelas X SMA.