Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Mandarin kelas X SMK Mutiara Harapan Lawang

Desy Sulistyowanti.

Abstrak




Sulistyowanti, Desy. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Mandarin kelas X SMK Mutiara Harapan Lawang. Skripsi, Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Keterampilan Menyimak.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penggunaan media pembelajaran video untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Mandarin kelas X SMK Mutiara Harapan Lawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif, sebab penelitian ini lebih menekankan pada makna dan proses daripada hasil aktifitas yang dilakukan.

Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa (1) hasil angket peserta didik, (2) hasil observasi, (3) hasil wawancara dengan pendidik, dan (4) hasil rekap nilai raport peserta didik. Sumber data sekaligus subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Mutiara Harapan Lawang. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu : (1) wawancara, (2) observasi, (3) Angket, dan (4) Lembar Kerja.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video telah mengoptimalkan keterampilan menyimak peserta didik, (2) Penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat membantu  peserta didik memahami dengan mudah materi yang telah diajarkan oleh pendidik, (3) Media video mampu memberikan suasana baru yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik, dan (4) Media video mampu memberikan motivasi untuk peserta didik dalam mempelajari bahasa Mandarin.