Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Monopoli untuk Pembelajaran Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Mata Pelajaran Bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang

AKMALIYAH ALI ROMADHONI

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli untuk pembelajaran HSK mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan prosentase. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5)revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) produk akhir.

Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini adalah seperangkat alat permainan Monopoli HSK yang meliputi cover permainan, papan permainan, buku petunjuk dan perangkat pendukung permainan. Materi yang ada di dalam media adalah materi HSK tingkat 1. Kemudian produk divalidasi oleh para ahli. Hasil analisis data pengembangan media monopoli melalui tahap validasi oleh ahli media memperoleh prosentase kelayakan sebesar 81.3%, validasi ahli materi dosen bahasa Mandarin sebesar 85.7%, validasi ahli materi guru mata pelajaran bahasa Mandarin sebesar 87.5%.

Pada tahap uji coba diperoleh prosentase kemenarikan media dalam pembelajaran dari siswa sebesar 80.8% dan hasil observasi kegiatan uji coba media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media monopoli untuk pembelajaran HSK mata pelajaran bahasa Mandarin di SMAN 2 Malang, media dianggap layak dan menarik bagi siswa.