Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU AJAR “高级汉语”(GAOJI HANYU) DENGAN KURIKULUM 2013 DAN TEORI ANTJE BENEDIX

Amalia Putri Iriani

Abstrak


ABSTRAK

Iriani, Amalia Putri. 2016. Analisis Buku Ajar “高级汉语”(Gaoji Hanyu) dengan Kurikulum 2013 dan Teori Antje Benedix. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Primardiana H.W., M.Pd.

Kata Kunci: analisis, buku ajar, buku ajar “高级汉语”(Gaoji Hanyu), Kurikulum 2013, teori Antje Benedix

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian buku ajar“高级汉语”(Gaoji Hanyu) kelas XII dengan Kurikulum 2013 dan teori Antje Benedix.

Kesesuaian buku ajar dengan Kurikulum 2013 dianalisis berdasarkan KI, KD, dan materi pembelajaran yang tercantum dalam silabus bahasa Mandarin kelas XII Kurikulum 2013. Analisis dengan menggunakan teori Antje Benedix (2007) meliputi: (1) organisasi dan struktur bahan ajar; (2) teks-teks dan isi; (3) kosakata; (4) gramatika; (5) aksara Han; dan (6) tipe latihan. Hasil analisis diperiksa keabsahan datanya oleh triangulator sebelum memasuki tahap display data.

Hasil analisis dengan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar materi pembelajaran yang tersaji dalam buku ajar sesuai dengan silabus bahasa Mandarin kelas XII Kurikulum 2013, namun buku ajar “高级汉语”(Gaoji Hanyu) kelas XII tidak menyajikan materi maupun soal latihan yang sesuai dengan topik yang tercantum dalam sebagian besar KD Kurikulum 2013. Hasil analisis dengan teori Antje Benedix juga menunjukkan bahwa buku ajar “高级汉语”(Gaoji Hanyu) kelas XII memenuhi dua aspek dari total enam aspek teori Benedix, yaitu aspek kosakata dan aspek gramatika. Adapun aspek organisasi dan struktur bahan ajar, aspek teks-teks dan isi, aspek aksara Han, dan aspek tipe latihan dari teori Benedix tidak terpenuhi.