Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA MANDARIN UNTUK SISWA SMA KELAS X TEMA IDENTITAS DIRI

Sarah Aulia Wibowo

Abstrak


Wibowo, Sarah Aulia. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Mandarin Untuk Siswa SMA Kelas X Tema个人信息 (Identitas Diri). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Primardiana H.W., M.Pd

Kata Kunci: pengembangan, modul, pembelajaran bahasa Mandarin

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin untuk siswa SMA kelas X tema identitas diri. Dalam mengembangkan modul pembelajaran, pengembang menggunakan model pengembangan ADDIE dari Dick & Carey. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan observasi. Produk pengembangan ini divalidasi oleh tiga validator yang terdiri dari validator ahli media, ahli materi (dosen dan guru), dan diujicobakan pada peserta didik kelas X IBB 2 SMA Laboratorium UM.

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin. Tema yang disajikan pada modul ini adalah个人信息 (identitas diri) yang dibagi menjadi tiga subtema, yaitu salam sapaan, menanyakan kabar, dan perkenalan jati diri. Latihan yang ada pada modul pembelajaran ini dilengkapi dengan soal latihan untuk pelafalan, kosakata, dan tata bahasa.

Modul pembelajaran ini terdiri dari tiga bagian, yaitu (1) bagian awal yang terdiri dari petunjuk penggunaan modul serta daftar ragam jenis kata (此类简称表), (2) bagian inti berisi kumpulan materi dan soal latihan yang disajikan untuk keterampilan menyimak (听力) dan berbicara (说话), serta latihan tentang penguasaan kosakata dan gramatika, (3) bagian akhir yang terdiri dari glosarium (词汇表), kunci jawaban (练习答案), serta teks audio (听力录音文本).