Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kartu Kata Domino untuk Pembelajaran Gramatika Bahasa Mandarin Kelas XI SMA Taman Harapan Malang

Sonya Surya Puspita Ikananda

Abstrak


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran gramatika bahasa Mandarin. Media kartu yang dikembangkan terkait dengan tema kehidupan sehari-hari yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Mandarin kelas XI SMA Taman Harapan Malang.

 Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model pengembangan Sadiman, yaitu: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) penulisan naskah media, (6) tes atau uji coba, (7) revisi, dan (8) produk siap dimanfaatkan.

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa satu set kartu kata domino yang terdiri dari 74 lembar kartu kata domino dan satu buah buku petunjuk berbahasa Indonesia. Setiap kartu kata domino berisi dua buah kata dengan jenis yang berbeda, diantaranya (1) keterangan waktu dan zai, (2) zai dan keterangan tempat, (3) keterangan tempat dan subjek, (4) subjek dan predikat, (5) predikat dan objek, (6) keterangan waktu dan subjek. Hasil uji kelayakan media Kartu Kata Domino oleh ahli media mencapai 94% dan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh angka 96%. Uji kelayakan yang dilakukan di SMA Taman Harapan Malang menghasilkan 89% untuk uji coba kelompok kecil dan 87% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil yang dicapai dari uji kelayakan media tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Kata Domino dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin.