SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Karyawisata Untuk Mengembangkan Emosi dan Sosial Siswa Kelompok B di RA Al Hamidiyah Sukorejo-Pasuruan

Maria Ulfa

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulfa, Maria.2010, Penerapan Metode Karyawisata Untuk Mengembangkan Emosi dan Sosial Siswa Kelompok B di RA Al Hamidiyah Sukorejo-Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan SI PG PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mardiah Moenir, M.Pd, (2) Drs. Ahmad Samawi, M, Hum

 

Kata Kunci : Mengembangkan, emosi sosial, RA, Karyawisata.

 

Pengembangan emosi dan sosial di RA Al Hamidiyah mengalami kesulitan. Kesulitan ini disebabkan oleh teknik pembelajaran guru yang kurang tepat karena kurangnya permainan di dalam maupun di luar kelas. Dengan menggunakan metode karyawisata peneliti berusaha mengembangkan emosi dan sosial anak di RA Al Hamidiyah Sukorejo-Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode karyawisata untuk mengembangkan emosi dan sosial anak di RA Al Hamidiyah Sukorejo-Pasuruan.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang di lakukan mulai awal februari sampai akhir februari 2010. subyek penelitian adalah anak RA Al hamidiyah sukorejo pasuruan yang terdiri dari 30 siswa di harapkan dengan pembelajaran metode karya wisata yang di terapkan dalam penelitian ini dapat mengembangkan emosi dan sosial di RA Al hamidiyah sukorejo pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain action Reseach kemmis dan tanggart. Yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaaa, Observasi, Refleksi.

Hasil penelitian di kemukakan sebagagi berikut: (1) hasil observasi siswa RA Al hamidiyah pada pengembangan emosi pada siklus I  pertemuan ke I  sebesar 58,4% dan siklus I pertemuan ke II 78,3% maka rata-rata peningkatan pada siklus I ± 19,9%. Sedangkan pengembangan sosial pada siklus II pertemuan ke I 59,1%  dan siklus ke II pertemuan II 76,9% maka rata-rata peningkatan pada siklus II adalah  ± 17,8%.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan, bahwa pengembangan emosi dan sosial dapat diterapkan melalui metode karyawisata yang diterapkan dengan baik. Disarankan kepada guru agar menggunakan metode karyawisata untuk mengembangkan emosi dan sosial yang merupakan salah satu pembelajaran mengatasi permasalahan yang terjadi di RA.