SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Papan Magnet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V MI Hubbul Wathon Pandaan Pasuruan

Shobahul Fajariyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajariyah, Shobahul. 2010. Penggunaan Media Papan Magnet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V MI Hubbul Wathon Pandaan Pasuruan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Muchtar,S.Pd, M.Si (2) Dra. Nur Hanifah, M.Pd

 

Kata Kunci : Papan Magnet, Hasil Belajar, IPS SD

 

Berdasarkan observasi awal pada tanggal 19 Juli 2010 yang dilakukan peneliti saat pembelajaran IPS di kelas V MI Hubbul Wathon, ditemukan fakta yaitu saat pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media, guru dan siswa hanya menggunakan buku paket IPS. Pada evaluasi akhir dihasilkan skor rata-rata 6,5. Dari 17 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70,00 dan sedangkan 10 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas. Menyikapi pemasalahan tersebut, berbagai cara dapat dilakukan, diantaranya berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran yang seharusnya diterapkan yaitu sebuah media pembelajaran yang menarik, efektif, mengikutsertakan keaktifan siswa, penggunaan media papan magnet ini diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Hubbul Wathon Pasuruan

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan  media papan magnet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Hubbul Wathon, mendeskripsikan  hasil belajar siswa melalui penggunaan  media papan magnet pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Hubbul Wathon.

             Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan .Subyek penelitian adalah siswa kelas V di  MI Hubbul Wathon yang terdiri dari 17 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan instrument pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumen, dan soal-soal tes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh guru (peneliti), maka Penggunaan media papan magnet pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Hubbul Wathon sudah sesuai dengan langkah-langkah pemanfaatan media. Penggunaan media papan magnet pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Hubbul Wathon sudah dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil analisis rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan terjadi peningkatan yaitu pada refleksi awal rata-rata hasil belajar siswa 65,50. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69,26 Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 73,97. Hasil tersebut menunjukkan siswa telah  mencapai nilai di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70,00.

Dalam penelitian ini disarankan kepada:1) guru untuk menggunakan  media dalam melaksanakan pembelajaran IPS pada materi keragaman suku dan budaya dan  menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi yang dapat difungsikan sebagai rujukan pengembangan pembelajaran. 2) kepala sekolah untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai pengayaan pengembangan profesi guru dalam rangka meningkatkan kualitas  pendidikan. 3) peneliti lanjutan agar hasil penelitian ini dijadikan  rujukan dan perbaikan untuk  penelitian berikutnya.