SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Demonstrasi Pencampuran Pewarna Kue

Latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

LATIFAH, 2010. Peningkatan Kemampuan Mengena Warna Dengan Metode Demonstrasi Pencampuran Pewarna Kue. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (1) Dr. Sa'dun Akbar, M. Pd (2) Drs. Sutarno, M. Pd

 

Kata Kunci : Mengenal Warna, Metode Demonstrasi, PAUD

 

Peningkatan kemampuan mengenal warna di RA Nurul Huda Cemandi Kersikan Bangil usia 4-6 tahun masih sangat rendah, utamanya dalam hal menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur. Dari pengalaman-pengalaman yang terjadi, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi pencampuran pewarna kue sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi dalam upaya mengenal warna dan mendeskripsikan hasil belajar mengenal warna dengan metode demonstrasi pada anak usia 4-6 tahun di RA Nurul Huda Cemandi Kersikan Bangil.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak-anak yang belajar pada semester II tahun 2009-2010 pada Roudlotul Athfal Muslimat NU 54 Cemandi Kersikan Bangil. Subjek penelitian sebanyak 15 anak. Pada pelaksanaan penelitian ini melibatkan dua orang kolaborator. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan dan pedoman penilaian kemampuan mengenal warna. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan meggunakan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata 2,5 atau mencapai 63,3 % yang diperoleh pada siklus I dan nilai rata-rata 3 atau mencapai 78,3 % yang diperoleh pada siklus II, maka metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-6 tahun bisa diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang mengenal warna dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-6 tahun dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi pencampuran pewarna kue, maka disarankan agar menggunakan metode demonstrasi dalam hal peningkatan kemampuan mengenal warna