SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SDN PANDANMULYO 02 MALANG

ANGGORO BAKHTIAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Bakhtiar, Anggoro. 2010. "Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gamba Siswa Kelas V SDN Pandanmulyo 02 Malang". Skripsi, Jurusan KSDP, Program Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd (2) Drs. H. M. Thoha A R, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Media Gambar, Menulis Puisi, SD

 

Hasil observasi menemukan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V pokok materi menulis puisi, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran. Sehingga hal tersebut mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis puisi adalah kemampuan siswa berbahasa kurang. Dari nilai stadar ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 7,00 secara keseluruhan siswa belum mampu mencapai target yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan mendeskripsikan efektifitas penyajian gambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Penelitian ini dilakukan di SDN Pandanmulyo 02  dengan subyek siswa kelas V sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 10 putri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari teori Kemmis & Mc. Taggart, meliputi empat tahap yaitu (1) planning, (2) acting & observing, (3) reflecting dan (4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pandanmulyo 02 materi menulis puisi dapat meningkatkan antusias belajar siswa, meningkatkan konsentrasi dan menambah minat belajar siswa. Siswa telah mampu membuat puisi dengan memperhatiakan diksi, larik, tema, dan amanat puisi. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat. Penggunaan media gambar juga dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Nilai rata-rata kelas menulis puisi sebelumnya yaitu 52,8 pada siklus I, pada siklus II  meningkat menjadi 60,7 pada siklus III. Meningkat menjadi 79,4. 

Saran kepada guru dalam menggunakan media pembelajaran berupa gambar  hendaknya mempertimbangkan efektifitas penggunaanya, efektif bagi guru dalam kegiatan pembelajaran dan efektif bagi siswa dalam menerima materi pelajaran.  Dengan mempertimbangkan ukuran gambar, penyajian gambar, jumlah gambar dan pesan yang akan disampaikan media gambar akan membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.