SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

nggunaan Media CD Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan

Fandy Bagus Santoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Santoso, Fandy Bagus. 2010. Penggunaan Media CD Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan. Skripsi, jurusan S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru  Agus Triwidjaja, M. Pd, (II) Drs. I Wayan Sutama, M. Pd.

 

Kata Kunci: CD Interaktif, IPA, Hasil Belajar.

 

Materi mata pelajaran IPA yang membahas setiap tingkah laku, lingkungan, dan kegiatan makhluk hidup tentu dapat  memancing antusias belajar siswa. Tetapi sayang, kenyataan yang terjadi di lapangan sangat bertolak belakang dengan pernyataan diatas. Siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran IPA dikarenakan kurangnya media yang mampu menarik perhatian siswa. Media yang tepat memegang peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media yang tepat, seorang guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA yang menarik. Salah satu media yang dapat menarik siswa adalah media CD Interaktif.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran CD Interaktif dalam pembelajaran IPA, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar "menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya" pada kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan, (3) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar  menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya" pada kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan, (4) Mendeskripsikan tanggapan guru kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan terhadap  penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar "menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya, (5) Mendeskripsikan tanggapan siswa kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan terhadap penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar  menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk  memecahkan masalah yang timbul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai 4 tahap, yakni : Perencanaan (Planning), Tindakan dan Pengamatan (Action  and Observation), Refleksi (Reflektive) dan Revisi (Revise). Dalam penelitian ini siswa belajar dengan menggunakan media CD Interaktif.

Penggunaan media CD Interaktif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil ini terlihat dari hasil tes siswa yang mengalami perubahan yang signifikan sebelum menggunakan media CD Interaktif dan setelah menggunakan media CD Interaktif. Sebagaimana media-media yang lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, media ini juga memiliki kelemahan yang sangat mendasar, yaitu biaya yang dibutuhkan sangat besar.

Dalam proses pembelajaran diperlukan inovasi yang terus menerus dari seorang guru. Salah satu syarat terciptanya pembelajaran yang menarik adalah menggunakan media yang mampu membangkitkan keingintahuan siswa dan memotivasi siswa untuk menemukan hal-hal baru dalam kegiatan pembelajaran.