SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn DI SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.

Mujarofah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Mujarofah. 2010. Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn DI SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Ujian Akhir Program PJJ S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing Drs. H. Sutarno, M. Pd

 

Kata Kunci : Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PKn

 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah bagaimana cara penyampaian materi  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat diterima, dipahami dan diterapkan oleh siswa dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan media gambar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya, (2) mendeskripsikan penerapan media gambar dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya, dan (3) mendeskripsikan penerapan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya

Penelitian ini yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Kemmis and McTaggart secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat dengan menerapkan media gambar selama 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan tanggal 27 Maret 2010 dan siklus II dilaksanakan tanggal 3 April 2010. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lakarsantri I/472 Surabaya yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah (1) lembar observasi (pengamatan), (2) lembar tugas siswa (LTS), dan (3) lembar tes formatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn. Analisis data dilakukan melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup kemudian pada siklus II termasuk kategori sangat baik dan persentase tes formatif hasil hasil belajar siswa pada pra tindakan mencapai 54%, pada siklus I tes formatif hasil hasil belajar siswa mencapai 62%, dan pada siklus II tes formatif hasil hasil belajar siswa mencapai 81%. Peningkatan hasil hasil belajar sebelumnya tindakan (pra tindakan) sampai dengan tindakan siklus II mencapai 29%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan media gambar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya berjalan dengan baik dan lancar, penerapan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn kelas IV di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya, dan penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dikemukan beberapa saran sebagai berikut : (1) Penggunaan media gambar perlu ditingkatkan sebagai suatu alternatif dalam upaya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran PKN di SD. Dengan demikian memungkinkan siswa mengembangkan kemampuannya secara lebih komprehensif baik dalam aspek pengetahuan/kognitif, efektif/sikap maupun dalam aspek psikomotor/ketrampilan dan (2) Pembelajaran hendaknya dilaksanakan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran secara aktif