SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Laporan Sederhana Dalam MAta Pelajaran IPA Pada Siswa SDN Gadang I Malang

Hamida Rakhmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rakhmawati, Hamida. 2010. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Laporan Sederhana dalam Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas III SDN Gadang 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan  Sekolah Dasar dan Pra sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Sa'dun Akbar, M.Pd. (II) Dra. Hj. Sukamti, M.Pd 

 

Kata kunci: lingkungan sekolah,  membuat laporan sederhana, IPA.

 

Dalam pembelajaran IPA guru jarang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar,  padahal lingkungan sekolah merupakan, (1) sumber belajar yang mudah dijangkau dan pembiayan relatif murah (2) sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari siswa (3) siswa mudah mendeskripsikan apa yang dilihat karena mengalami secara langsung. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) salah satu materinya adalah membuat laporan berdasarkan pengamatan. Dalam materi bumi dan alam semesta ini tepat digunakan siswa untuk membuat laporan sederhana sesuai dengan metode ilmiah.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan membuat laporan sederhana mengenai bumi dan alam semesta pada siswa kelas III SDN Gadang I  Malang (2) mendeskripsikan  peningkatan kemampuan siswa dalam membuat laporan sederhana mengenai bumi dan alam semesta (3) mendeskripsikan  peningkatan rasa peduli memelihara lingkungan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan durasi waktu 2 x 35 menit yang dilaksanakan dalam tahapan planning sampai dengan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 39 orang, terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti dengan lembar observasi dan panduan wawancara untuk guru dan siswa. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan melihat secara langsung bahwa permukaan bumi tidak rata, mengamati langsung kondisi cuaca yang berbeda setiap harinya, serta cara memelihara lingkungan sekolah (2) pemanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar meningkatkan kemampuan membuat laporan sederhana. Pada siklus I hasil yang diperoleh mencapai nilai rata-rata kelas 73,68 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 77,58 (3) pemanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar juga meningkatkan rasa peduli  memelihara lingkungan pada siswa kelas III SDN Gadang I Malang. 

Saran  yang  diberikan  peneliti  adalah penggunaan media perahu pada globe dan media balon lebih tepat diganti dengan gambar dalam menanamkan konsep pada siswa. Dan waktu pengamatan dibutuhkan lebih banyak dalam pembuatan laporan sederhana bagi siswa.