SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

Saidah Dimyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Dimyati, Saidah. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang,  ETA, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP S1 PGSD-PJJ, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Ahmad Samawi, M. Hum.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, Quantum Teaching

 

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada SD Negeri Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, dapat ditemukan hal-hal  sebagai berikut: (1) Kurangnya pemahaman materi yang dibaca siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA, (2) Kebosanan yang dialami siswa dengan adanya guru yang menyampaikan materi secara klasikal (ceramah), dan (3) sulitnya pemahaman siswa tentang materi "energi bunyi" karena kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru.

Tujuan diadakan penelitian di SD Negeri Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang antara lain: untuk mendeskripsikan penerapan Quantum  Teaching  untuk meningkatkan  aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi "Energi Bunyi" di kelas IV SD Negeri Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan Quantum  Teaching mencakup  telah mencakup petunjuk  spesifik,  untuk  menciptakan  lingkungan  belajar  yang efektif,  merancang  kurikulum,  menyampaikan  isi  dan  memudahkan  proses belajar Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Quantum Teaching, siswa  terlihat semakin  senang  dan  termotivasi  untuk  mengikuti  pelajaran.  Hal tersebut  terbukti  dengan semakin  meningkatnya  nilai tes yang diperoleh siswa. Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Setelah  dilakukan  pembelajaran  dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat  menjadi  61,5,  pada  siklus  II  hasil  belajar  siswa  meningkat menjadi menjadi 78,75 dan siklus  III hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.

Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Dengan adanya penerapan Quantum Teaching membuat siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran.