SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Blok Pecahan pada Penanaman Konsep Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu

Rini Lidiawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Lidiawati, Rini. 2010. Pemanfaatan Blok Pecahan pada Penanaman Konsep Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. Bambang Soerjono, M.Ed., (II) Dr. Syaiful Imam, M.Pd.

 

Kata Kunci: Blok Pecahan, Konsep Pecahan, Hasil Belajar

 

Hasil observasi dalam pembelajaran Matematika di SDN Sisir 06 Kota Batu pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Pemahaman siswa masih minim, akibatnya nilai ulangan untuk pokok bahasan pecahan belum memenuhi syarat ketuntasan. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa yang akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III semester II  SDN Sisir 06 Kota Batu khususnya dalam materi pecahan melalui bantuan blok pecahan, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 39 siswa di SDN Sisir 06 Kota Batu. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pedoman penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, pedoman penilaian aktifitas siswa, dan soal tes.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada siklus I siswa yang tuntas sejumlah 22 siswa (56,4 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 17 siswa (43,5 %) dengan nilai rata-rata kelas 66,6. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 34 siswa (87 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah5 siswa (13 %) dengan nilai rata-rata kelas 83,5. Hasil siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan klasikal.

Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan blok pecahan pada penanaman konsep pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu. Tolok ukur pemahaman siswa berdasarkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar guru menggunakan media yang dapat dimanipulasi siswa dalam menanamkan suatu konsep. Hal ini disesuaikan dengan tingkat pemikiran dan usia siswa kelas III yang masih berada dalam periode opersi kongkret. Sehingga siswa akan lebih memahami sesuatu konsep khususnya Matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.