SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN PANDEAN I REMBANG PASURUAN

FERRY HARDIYANTO

Abstrak


Pembelajaran kontekstual merupakan aktifitas pembelajaran yang dilakukan
dengan cara melibatkan para siswa dalam aktifitas yang membantu mereka
mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata yang mereka
hadapi. Kegiatan refleksi awal pada tahap observasi dan pratindakan yang
dilakukan oleh peneliti, menunjukkan hal-hal sebagai sebagai berikut: (1) guru
lebih dominan sebagai sumber belajar dan kurang kreatif dalam menyampaikan
bahan ajar, (2) siswa tidak dapat memahami secara nyata maksud tujuan
pembelajaran IPS yang disampaikan oleh guru, karena disampaikan secara
klasikal dan (3) rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat
disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) menggunakan pendekatan Kontekstual
pada mata pelajaran IPS, (2)  mengeksplorasi dan memberdayakan siswa dalam
mencapai tujuan pembelajaran, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab (1) bagaimanakah penerapan
pembelajaran IPS SD kelas IV semester II SDN Pandean 1 kecamatan Rembang
kab. Pasuruan materi perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman
menggunakannya dengan pendekatan kontekstual dan (2) apakah pembelajaran
IPS SD kelas IV semester II SDN Pandean 1 kecamatan Rembang kab. Pasuruan
materi perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya
dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar?, dengan
berpijak pada hipotesis penggunaan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Pandean 1 kecamatan
Rembang kabupaten Pasuruan.
Penelitian yang dilaksanakan dengan model Penelitian Tindakan Kelas ini,
dilaksanakan di kelas IV SDN Pandean 1 kecamatan Rembang pada mata
pelajaran IPS. Data penelitian ini dijaring melalui instrumen: observasi,
wawancara dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pandean 1
kecamatan Rembang kabupaten Pasuruan yang berjumlah 35 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi selama proses pembelajaran,
wawancara dan post tes di akhir pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak satu siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Data yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini berupa hasil belajar
yang dikumpulkan melalui tes tulis pada tahap pra tindakan dan nilai keterampilan
proses dan nilai tes tulis pada siklus 1 dengan menggunakan pendekatan
Kontekstual dan indikator pembelajaran IPS mengidintifikasi perkembangan
teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya.

Setelah melakukan proses obeservasi bersama guru kelas diperoleh hasil
penelitian sebagai berikut : hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan
pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman
menggunakannya mengalami peningkatan nilai rata-rata 56,6 pada pra tindakan,
menjadi nilai rata-rata 79,8 dengan rincian nilai yang diperoleh yaitu dari nilai
proses memperoleh rata-rata 80,0 dan nilai tes tulis memperoleh rata-rata 79,6
kemudian diperoleh data kembali pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 83,9 dengan
rincian nilai  yang diperoleh dari nilai proses memperoleh rata-rata 87,6 dan nilai
tes tulis memperoleh rata-rata80,1.. Secara keseluruhan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru mencoba
menggunakan pendekatan Kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar.