SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Pintar Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep FPB dan KPK Pada Siswa Kelas IVA SDN Ngerong Kab. Pasuruan

Evin Dwi Angelina

Abstrak


ABSTRAK

 

Angelina, Evin Dwi. 2010. Penggunaan Media Pembelajaran "Pohon Pintar" Dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep FPB dan KPK pada Siswa Kelas IV SDN Ngerong Kab.Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra-sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd. (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd

 

Kata kunci: Pohon pintar, teknik permainan, keaktifan, penguasaan konsep, FPB dan KPK

 

 

            Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IVA selama ini pembelajaran matematika di SDN Ngerong menggunakan metode konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan belum berpusat pada siswa (student centered). Selain itu tidak adanya media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlihat kurang begitu aktif dan tidak banyak terlibat dalam kegiatan. Selain itu kemampuan siswa dalam pemahaman dan penguasaan konsep FPB dan KPK masih sangat kurang. Dari kondisi tersebut dapat diatasi dengan media pembelajaran pohon pintar dengan teknik permainan.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media pembelajaran pohon pintar dalam meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep FPB dan KPK siswa kelas IVA SDN Ngerong Kab. Pasuruan, (2) keaktifan belajar siswa kelas IVA SDN Ngerong Kab. Pasuruan setelah menggunakan media pembelajaran pohon pintar, (3) penguasaan konsep FPB dan KPK siswa kelas IVA SDN Ngerong Kab. Pasuruan setelah menggunakan media pembelajaran pohon pintar. Standart Kompetensi yang ingin dicapai yaitu memahami  dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah, dengan kompetensi dasar yaitu Menentukan FPB dan KPK.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Pelaksanaan tindakan dilakukan pada bulan Oktober 2009-Januari 2010 dengan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, angket wawancara guru, angket wawancara siswa, dan soal tes/evaluasi yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan penguasaan konsep FPB dan KPK yang telah dipelajari.

Dari hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran pohon pintar dengan teknik permainan dapat meningkatkan semangat serta motivasi siswa dalam belajar. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan aktivitas siswa dengan rata-rata peningkatan semua aspek pada siklus 2 sebesar 24,1%. Untuk tingkat penguasaan konsep siswa pada siklus I materi KPK dan FPB ketuntasan yang didapatkan sebesar 56,5% dan 25% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai ketuntasan sebesar 87,5% dan 83,3%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan hendaknya guru dapat menggunakan media pembelajaran serta metode atau teknik belajar yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar serta kemampuan siswa dalam bekerja sama. Selain itu dengan digunakannya media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan.