SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media PembelajaranInteraktif Tema Alam Semesta dalam Pembelajaran Sains Anak Kelompok B

Wirdah Maulidiyah Wafmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Wafmi, Wirdah Maulidiyah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Tema Alam Semesta dalam Pembelajaran Sains Anak Kelompok B. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan
Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd,
(II) Suryadi, S.Sn., M.Pd.

 


Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Sains, Tema Alam
Semesta

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, menuntut dunia pendidikan berkembang pula. Banyak alat teknologi canggih yang bertebaran di kehidupan sehari-hari. Anak-anak saat ini, sudah tidak asing lagi dengan teknologi, bahkan anak mampu menggunakan teknologi sebagai hiburan maupun pembelajaran. Teknologi juga sudah diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini. Penelitian awal, peneliti menemukan bahwa guru merasa sulit untuk memberikan tema alam semesta. Hal ini dikarenakan tema yang terlalu luas dan belum adanya media sebagai pendukung tema tersebut. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan komputer dengan tema alam semesta untuk anak kelompok B.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif menggunkan komputer bertema alam semesta yang layak digunakan (dilihat dari keefektifan dan efisiensi) menurut ahli media, ahli materi, pengguna, dan hasil uji coba.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model penelitian 4-D. Peneliti melakukan observasi pada awal penelitian, dilanjutkan dengan merancang produk yang akan dikembangkan. Selanjutnya dilakukan validasi produk terhadap ahli media dan ahli materi, kemudian uji coba produk, revisi, uji coba hingga menghasilkan produk yang layak digunakan. Setelah itu, dilakukan pengemasan dan penyebaran produk secara terbatas kepada sekolah TA Daarul Ihsaan.

Berdasarkan hasil validasi ahli dan pengguna (guru kelas) produk memperoleh hasil 81.87%, sedangkan hasil angket tanggapan anak memperoleh hasil 97,63% dan hasil belajar anak diperoleh nilai rata-rata 96.086.Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif dinyatakan layak digunakan dengan perbaikan. Disarankan bagi guru TK untuk mengembangkan produk ini dengan mengangkat tema lain sebagi media pembelajaran interaktif. Bagi peneliti lain, disarankan untuk lebih mengoptimalkan kelemahan-kelemahan yang ada.