SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat di Kelas V SDN Karanganyar Kota Pasuruan melalui Pohon Matematika. 2009

sri - cahyaniati

Abstrak


ABSTRAK

Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat di Kelas V SDN Karanganyar Kota Pasuruan melalui Pohon Matematika.

2009

 

 Cahyaniati, Sri.

 

 

SDN Karangayar Pasuruan suatu sekolah dasar negeri di Kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan yang merupakan SD Inti gugus 05. Berdasarkan observasi di kelas V diketahui bahwa permasalahan yang sering dikeluhkan oleh siswa mata pelajaran  matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan bulat, akan tetapi secara umum dapat diidentifikasi menjadi beberapa masalah, yaitu motivasi belajar dan kemampuan berpikir siswa yang masih rendah, yang kemudian berdampak pada masalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Masalah terakhir yang perlu mendapat perhatian sangat serius yaitu suatu proses pembelajaran yang belum dilakukan berdasarkan filosofi konstruktivisme. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani masalah rendahnya kemampuan berpikir, hasil belajar, dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran pohon matematika melalui penelitian tindakan kelas (PTK).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pohon matematika dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan pada kelas V SDN Karanganyar, sehingga model pembelajaran ini digunakan di sekolah tersebut. Diharapkan dengan pembelajaran yang diterapkan melalui penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir , hasil belajar dan motivasi belajar matematika pada siswa kelas V SDN Karanganyar  Pasuruan.

Penelitian ini dilakukan selama enam bulan sejak bulan Agustus 2009 sampai Januari 2010. Tindakan kelas dilaksanakan sejak 4 Nopember  sampai 18 Nopember 2009. Peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan model pohon matematika , yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karanganyar Pasuruan yang terdiri dari 25 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pohon matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir, hasil, moivasi belajar matematika pada siswa kelas V SDN Karanganyar Pasuruan. Namun demikian nampaknya masih sangat diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam memberdayakan kemampuan berpikir motivasi dan hasil balajar siswa di sekolah tersebut.

Kata-kata kunci: pemahaman konsep, perkalian, pembagian,