SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Tentang Tumbuhan Hijau Kelas V SDN.

ISWANDI ISWANDI

Abstrak


ABSTRAK

 

Iswandi 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Tentang Tumbuhan Hijau Kelas V SDN. Temenggungan 02 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan KSDP Program Studi S1-PGSD PJJ Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Musa Sukardi M.Pd.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar,Prestasi Belajar

 

                  Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topok maupun cara mempelajarinya melalui investigasi. Pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan pembelajaran kooperatif model GI merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan

                  Penelitian dilakukan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif model group investigation pada bab wewenang, tanggung jawab dan kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah: (1)  untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model group investigation; (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran kooperatif model group investigation, (3) untuk mengetahui bagaimanakah tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran metode kooperatif model Group Investigation dalam matadiklat manajemen perkantoran, (4) untuk mengetahui tanggapan guru terhadap proses pembelajaran kooperatif model group investigation dalam mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan Hijau kelas V SDN Temenggungan 02 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, (5) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model group investigation dalam mata pelajaran IPA kelas V SD.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V SDN 01 Temenggungan 02 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, format penilaian dan angket untuk siswa.

                  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model group investigation  diawali dengan kegiatan inti pada pertemuan pertama yaitu pembentukan kelompok, kesepakatan siswa dalam pembagian tugas, kegiatan pemantapan dan pengembangan melalui presentasi pada pertemuan pertama dan kedua yang mana siklus II siswa lebih aktif daripada siswa pada siklus I; (2) terdapat 2 hal yang menjadi penghambat dalam penelitian yaitu minimnya sarana yang dimiliki dan motivasi siswa yang menurun, dan terdapat 2 hal yang menjadi pendukung penelitian yaitu adanya penambahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan kerjasama guru yang baik; (3) tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation  secara umum positif yaitu antara lain siswa merasa bahwa metode group investigation   menyenangkan dan bisa dijadikan variasi kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton, hanya beberapa siswa yang merasa terbebani dengan penerapan pembelajaran ini; (4) tanggapan guru terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation  cukup positif, guru beranggapan bahwa metode tersebut dapat membuat siswa aktif bekerja dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi; (5) hasil belajar siswa dilihat dari nilai yang diperoleh pada post test siklus I dan siklus II  menunjukkan peningkatan dimana dari siklus I sampai siklus II terjadi kenaikan hal ini dapat dilihat bahwa hampir 78 % nilai siswa telah memenuhi standart kelulusan yang telah ditentukan yaitu 75.

                  Dari penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model  group investigation, saran yang dapat dikemukakan diantaranya: (1) untuk Sekolah SDN Temenggungan 02 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar diharapkan pembelajaran kooperatif model group investigatioan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran selanjutnya; (2) untuk guru dapat menambah wawasan dalam meningkatkan minat siswa dalam proses belajar sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan sesuai standart kompetensi yang diharapkan; (3) bagi peneliti hendaknya dapat digunakan sebagai pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar ; (4) bagi siswa diharapkan dapat memandang pengetahuan secara konstruktif dan memiliki hubungan interpersonal dalam proses kelompok secara efektif.