SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkat¬kan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Ngenep 1 Karangploso, Kabupaten Malang

MASHUDAH -

Abstrak


ABSTRAK

 

Mashudah. 2010. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkat­kan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Ngenep 1 Karangploso, Kabupaten Malang. E-Tugas Akhir. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Dosen Pembimbing: Dr. Lia Yuliati, M.Pd

 

Kata kunci: ketrampilan proses, meningkatkan, hasil belajar

 

Pembelajaran yang diselenggarakan di SD adalah pembelajaran yang mendidik, yakni pembelajaran yang secara serentak berupaya untuk mencapai tujuan pembelajaran untuk mewujudkan indikator/kompetensi, tetapi juga berupaya mewujudkan tujuan pendidikan yang lebih umum, yakni pembentukan jati diri dan kepribadian murid.

Pendekatan Ketrampilan Proses (PKP) adalah pendekatan dalam pembelajaran yang sangat mengutamakan pelatihan memproseskan perolehan dalam pembelajaran. Berbagai ketrampilan proses, pada prinsipnya telah dimiliki setiap anak, namun belum berkembang sebagaimana pemakaian ketrampilan para ilmuwan dalam menghasilkan penemuan penting dalam IPTEK. Oleh karena itu, pembelajaran di SD harus mengembangkan ketrampilan proses, sehingga hampir menyamai penguasaan ketrampilan tersebut seperti para ilmuwan.

Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain putaran spiral, menggunakan II siklus pembelajaran. PTK ini bertujuan mengetahui hasil belajar mata pelajaran IPA (SAINS) bagi siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan Pendekatan Ketrampilan Proses.

Penelitian ini dilakukan terhadap 19 siswa kelas V SDN Ngenep 1 Karangploso, Kab. Malang pada semester I tahun ajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi, data tentang efektivitas penerapkan PKP. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa diambil dengan memberikan tes kepada siswa pada setiap akhir siklus. Data tentang hasil penilaian kegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian kegiatan siswa untuk setiap kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PKP dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (SAINS). Peningkatan ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil belajar yang dicapai antara siklus I (53,58), siklus II (85,26) dengan peningkatan persentase sebesar 59,13%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru serta dapat menambah wawasan dalam dunia pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

 


Teks Penuh: DOC PDF