SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN PKn KOMPETENSI DASAR MENGENAL ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU DI LINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR MELALUI PENDEKATAN CTL KELAS III SDN BLIMBING JOMBANG

RADEN RORO INTAN

Abstrak


ABSTRAK

Ratri, Raden Roro Intan D.P. 2009. Pembelajaran PKn Kompetensi Dasar Mengenal Aturan-Aturan yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat  Sekitar Melalui Pendekatan CTL Kelas III SDN Blimbing Jombang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra Sekolah, FIP, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Sunyoto, S.Pd,M.Si, (II) Dra. Widayati, M.H.

Kata Kunci : Pendekatan CTL, Pembelajaran PKn.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) peningkatan proses belajar PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat kelas III SDN Blimbing Jombang dengan pendekatan CTL, (2)  peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Blimbing Jombang selama pembelajaran PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan pendekatan CTl, (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Blimbing Jombang pada kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan pendekatan CTL.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan  2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas ; a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi.

Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Learning) adalah belajar yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, (2) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Learning)  dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Blimbing Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, yaitu dari rerata skor 57%  pada siklus 1 meningkat menjadi 91% pada siklus 2. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, yaitu rerata skor 9% pada pra siklus meningkat menjadi 31% pada siklus 1 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 94%. Selain itu, pendekatan CTL dalam pembelajaran PKn meningkatkan hasil tes akhir siswa, yaitu dari rerata skor 34% meningkat menjadi 46% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 91% pada siklus 2. Dengan demikian pembelajaran norma pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan pendekatan CTL pada siklus 2 dinyatakan tuntas.

Sebaiknya guru menggunakan berbagai macam metode, media pembelajaran serta memahami kemampuan dan karakteristik peserta didiknya, karena setiap peserta didik memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda dengan lainnya, sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai.


Teks Penuh: DOC PDF