SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Melalui Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Tunggulwulung I Pandaan Pasuruan

Dirjo .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

D i r j o. 2009.  Meningkatkan Pemahaman  Operasi Hitung Campuran Melalui   Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Tunggulwulung  I  Pandaan  Pasuruan.  Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Drs. Goenawan Roebyanto, M. Pd. Pembimbing (2) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, S.Pd, M. Pd

 

Kata Kunci : Problem Solving, Operasi Hitung Campuran.

 

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan matematika dikelas V SDN Tunggulwulung I Pandaan Pasuruan, menunjukkan (1) Pembelajaran matematika di kelas masih di dominasi guru, (2) kurang menggunakan situasi kehidupan riil di lingkungan siswa, dan (3) Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dari lingkungan terdekatnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  Pemahaman , dan aktivitas belajar operasi hitung campuran melalui Problem Solving pada siswa kelas V SD Tunggulwulung I Pandaan Pasuruan.

Subjek yang dikenai tindakan seluruh siswa kelas V SDN Tunggulwulung I kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan sebanyak 24 siswa. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran. Hasil yang diperoleh melalui pemberian tes awal pada siswa menunjukkan bahwa 50 % siswa termasuk klasifikasi baik, 40,6% siswa termasuk klasifikasi cukup baik, sedangkan 9,4 % termasuk klasifikasi kurang baik. Rendahnya nilai tersebut diakibatkan siswa kurang menguasai konsep matematika diantaranya pemahaman konsep operasi hitung campuran. Perbaikan dilakukan melalui Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap pecencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan (1) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 90,3% mempunyai kategori sangat baik, dan siklus II dengan prosentase 94,6% mempunyai kategori sangat baik, terjadi peningkatan sebesar 4,3% (2) hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan prosentase 79,6% mempunyai kategori baik, dan siklus II dengan prosentase 84,7% mempunyai kategori sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 5,1% (3) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan kriteria baik sekali, karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan Probling Solving Pemahaman operasi hitung campuran dan hasil prestasi belajar pada siswa kelas V SDN Tunggulwulung I Pandaan Pasuruan mengalami peningkatan.

 


Teks Penuh: DOC PDF