SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Sri Wahyuningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Sri Wahyuningsih. 2008. Pemanfaatan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan

            Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru

            Kota Malang. Skripsi. Jurusan KSDP Program Studi S-1 PGSD

            Universitas Negeri Malang. Pembimbing I :Prof. Dr. Moh. Shochib, M. Pd,

            Pembimbing II : Drs. Usep Kustiawan, M. Sn

 

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Membaca Permulaan, Kartu Huruf

 

            Dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I sekolah dasar, unsur yang perlu diperhatikan adalah kemampuan siswa dalam membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Membaca permulaan di kelas I SDN. Tulusrejo V sebelum diadakan penelitian ada kecenderungan mendapat nilai kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian tentang " Pemanfaatan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang".

            Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca dengan memanfaatkan kartu huruf pada siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, (2) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran membaca dengan memanfaatkan kartu huruf dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

            Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam  dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang berjumlah 21 anak.

            Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) nilai rata-rata pre tes siklus I adalah 46,2, (2) nilai rata-rata post tes siklus I adalah 60,9, (3) nilai rata-rata post tes siklus II adalah 76,6. Nilai rata-rata post tes siklus I mengalami peningkatan pada post tes siklus II, karena menggunakan alat peraga kartu huruf. (4) dampak pemanfaatan kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan   minat, aktivitas, perhatian, dan kreativitas adalah (a) siklus I : 55% sangat berminat, 48% cukup berminat; 57% sangat aktif, 24% cukup aktif, 19% kurang aktif; 48% sangat perhatian, 38% cukup perhatian, 14% kurang perhatian; 52% sangat kreatif, 43% cukup kreatif, 5% kurang kreatif; (b)Siklus II: 76% sangat minat, 24% cukup minat; 86% sangat aktif, 9% cukup aktif, 5% kurang aktif;

67% sangat perhatian, 33% cukup perhatian; 67% sangat kreatif, 33% cukup kreatif

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca  pada siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang,

            Bertitik tolak pada hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk pembelajaran membaca permulaan diperlukan penggunaan alat peraga yang menarik minat belajar siswa mengingat siswa SD cara berfikirnya secara konkrit khususnya kelas I SD.


Teks Penuh: DOC PDF