SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2005

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang.

Suryati .

Abstrak


ABSTRAK
Suryati. 2005. Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Permulaan
Siswa Kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi. Program Studi S-
1 PGSD. Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs.
Suprijanta, (2) Drs. H. Sutarno, M.Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Membaca Permulaan
Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan
berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata
di sekeliling siswa dan pada rentang kemampuan dan perkembangan siswa. Dalam pelaksanaan
membaca permulaan, guru tidak hanya menyampaikan mata pelajaran Bahasa Indonesia saja,
namun harus dirumuskan terlebih dahulu tema yang akan diangkat dalam membaca permulaan.
Bertitik tolak dari tema tersebut, guru menghubungkan dengan mata pelajaran yang lain.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti akan menyelidiki
tentang "Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Permulaan Siswa
Kelas I
SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang".
Tujuan penelitian mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran tematik untuk
meningkatkan pemahaman membaca permulaan siswa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen
Kota Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca
permulaan siswa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang, (3) evaluasi
pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan siswa kelas I
Kecamatan Klojen Kota Malang.
Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi,
dokumentasi dan tes tertulis. Data yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran tematik
untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan menggunakan instrumen dokumentasi.
Data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman
membaca permulaan menggunakan instrumen pedoman observasi. Data yang berkaitan dengan
evaluasi pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan
menggunakan instrumen tes tertulis.
Hasil penelitian adalah (1) nilai rata-rata siklus I adalah 70,81 dalam kategori baik, (2)
nilai rata-rata siklus II adalah 75,67, dalam kategori baik, (3) nilai rata-rata siklus I mengalami
peningkatan pada siklus II walaupun peningkatannya tidak signifikan. Peningkatannya tidak
signifikan karena alokasi jam pelajaran untuk pembahasan satu tema masih kurang. Alternatif
pemecahannya dengan menambah alokasi jam pelajaran satu tema dari dua jam pelajaran
menjadi empat jam pelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman membaca permulaan
sisa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang pada siklus I mengalami
peningkatan pada siklus II walaupun peningkatannya tidak signifikan.
Berdasarkan kesimpulan penelitian disarankan kepada (1) guru, untuk meningkatakan
kemampuannya dalam pembelajaran tematik, agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
membaca permulaan siklus kelas I, (2) kepala sekolah, untuk lebih mengembangkan kemampuan
guru dalam menerapkan pembelajaran tematik, (3) peneliti selanjutnya, hendaknya lebih
mengembangkan penelitian pembelajaran tematik dengan tema yang lain.

Teks Penuh: DOC PDF