SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN Tulusrejo 4 Malang

Suprijanto .

Abstrak


ABSTRAK
Suprijanto,2006. Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar
Siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN Tulusrejo 4
Malang, skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan
Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Malang, pembimbing :( I ) Dr. H.Sulton,M.Pd, (II) Drs.H.Abdul
Huda.
Kata kunci :Metode diskusi, prestasi belajar, pembelajaran PPKn
Kegiatan belajar mengajar merupakan interaksi antara guru dengan siswa.
Untuk mencapai tujuan pengajaran dengan baik, diperlukan adanya suatu metode
mengajar yang tepat sebab metode mengajar yang tidak sesuai dengan situasi
belajar mengajar seringkali mengakibatkan tujuan pengajaran kurang berhasil.
Dengan menyusun metode mengajar yang baik, guru akan dapat mengajar lebih
baik, dan lebih efektif karena beberapa hambatan yang timbul sejak dari awal
sudah dapat di perhitungkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada
pembelajaran mata pelajaran PPKn. Menurut penulis, seringkali dalam mengajar
guru menggunakan metode ceramah dan siswa selalu sebagai pendengar tanpa
adanya aktivitas, sehingga terkesan monoton. Hal ini yang menjadi latar belakang
penelitian. Tujuan penelitian ini adalah :(I) untuk mendeskripsikan keaktifan
proses belajar siswa,(2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas
V SDN Tulusrejo 4 Malang pada pembelajaran PPKn dengan diterapkannya
metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan pendekatan bersiklus :(1)perencanaan tindakan,(2)pelaksanaan
tindakan,(3)observasi, dan (4)refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus (siklus I dan siklus II).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tulusrejo Malang
populasi dan sampel adalah seorang guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas V
yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah:
(1)lembar observasi (pengamatan),(2)lembar tugas siswa (LTS), (3)lembar tes
formatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode diskusi untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn. Analisis
data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan
penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru PPKn maupun siswa kelas
V SDN. Tulusrejo 4 Malang, secara umum ditinjau dari keaktifan dan hasil belajar
melalui penerapan metode diskusi memperoleh kemajuan yang lebih baik
dibanding sebelum menerapkan metode diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa metode diskusi sangat efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar mata pelajaran PPKn. Hal itu disebabkan oleh aktivitas siswa dapat
i
timbul dengan sendirinya, seperti menyampaikan pendapat, kerja sama,
menghargai pendapat sesama teman, dan sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dikemukakan beberapa saran sebagai
berikut: (1) bagi siswa, agar lebih membiasakan diri menggunakan metode diskusi
dengan cara belajar kelompok dalam memecahkan masalah-masalah berkaitan
dengan materi/bahan pelajaran di sekolah, sehingga dengan demikian dapat
meningkatkan prestasi belajar menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas
diri dalam memecahkan persoalan kehidupan di lingkungan masyarakat, (2) bagi
guru, penggunaan metode diskusi perlu ditingkatkan sebagai suatu alternatif
dalam upaya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, baik fisik, mental
maupun sosial dalam proses pembelajaran PPKn di SD. Dengan demikian
memungkinkan siswa mengembangkan kemampuannya secara lebih
komprehensif baik dalam aspek pengetahuan (kognitif), aspek afektif (sikap),
maupun dalam aspek psikomotor (keterampilan), (3) bagi kepala sekolah, perlu
ditingkatkan pemberian bimbingan dan supervisi kepada guru di Sekolah Dasar,
terutama dalam strategi penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn
yang berbasis siswa sesuai dengan karakteristik serta kondisi psikologis maupun
sosialnya. Dengan demikian dapat meningkatkan kinerja guru dalam
melaksanakan tugas-tugasnya baik sebagai pengajar maupun pendidikan ke arah
yang lebih profesional. Sehingga kondisi ini diyakini dapat meningkatkan kualitas
prestasi belajar siswa dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di sekolah ke arah
yang lebih baik, dan (4) bagi peneliti lain, perlu ada penelitian lebih lanjut
berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran PPKn di SD ke arah yang lebih baik
berkaitan dengan penggunaan metode diskusi dalam upaya meningkatkan prestasi
belajar siswa baik dalam aspek kemampuan belajar dan aspek prestasi belajar.
ii

Teks Penuh: DOC PDF