SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berhitung Estimasi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas V Sekolah Dasar

Prabowo .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Prabowo. (2007). Profil Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berhitung Estimasi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas V Sekolah Dasar. Tugas Akhir, D-II PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. FIP Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dra. Sri Harmini, M.Pd.

 

Kata kunci: Profil, kemampuan siswa, estimasi.

 

 

Satu hal dalam matematika yang perlu dipelajari adalah berhitung estimasi (penaksiran). Mengingat sebagian besar aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan estimasi daripada menggunakan perhitungan tepat, maka dirasa perlu untuk membahas kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berhitung estimasi.

Berhitung estimasi memerlukan pemahaman prosedural dan konseptual yang baik. Konsep-konsep berhitung estimasi yang menyangkut pemahaman tentang pembulatan bilangan harus bisa dikuasai lebih dulu dalam berhitung estimasi. Pemahaman prosedural ditambah penguasaan konsep yang benar sangat dibutuhkan dalam memecahakan masalah-masalah dalam soal berhitung estimasi.

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berhitung estimasi dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal tersebut di kelas V SDN Ciptomulyo 1 Kecamatan Sukun Kota Malang.

Profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berhitung estimasi dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kriteria, yaitu: (1) Siswa mampu menyelesaikan soal berhitung estimasi dengan prosedur dan hasil akhir benar. (2) Siswa tidak bisa menuliskan prosedur pengerjaannya. (3) Siswa tidak bisa menyelesaikan hasil akhirnya. (4) Siswa tidak bisa menyelesaikan prosedur maupun hasil akhir berhitung estimasi.

Kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berhitung estimasi yaitu: (1) Kesalahan prosedur pengerjaan. (2) Kesalahan menghitung hasil akhir.

Penulisan ini mengarah pada penelitian sederhana dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari hasil pembelajaran matematika tentang berhitung estimasi dan wawancara kepada sejumlah siswa.

Saran-saran dari penulisan ini adalah agar siswa dapat menyelesaikan soal berhitung estimasi dengan benar, siswa harus menguasai konsep berhitung estimasi dan pengetahuan proseduralnya dengan baik. Dalam menyelesaikan soal berhitung estimasi, sebaiknya menggunakan strategi pembulatan, karena strategi ini mudah dipakai oleh siswa sekolah dasar.

 


Teks Penuh: DOC PDF