SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN BERMAIN MERONCE MANIK-MANIK BERWARNA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM AT-TAQWA KABUPATEN TULUNGAGUNG

Lusi Setyoningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyoningtyas, Lusi. 2013. Meningkatkan Motorik Halus Anak dengan Bermain Meronce Manik-Manik Berwarna pada Anak Kelompok A TK Islam At-Taqwa Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Pramono, S.Pd, M.Or (2) Dr. H. Alif Mudiono, M.Pd

 

Kata Kunci : kemampuan motorik halus, meronce manik-manik berwarna, anak kelompok A

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelompok A TK Islam At-Taqwa Kabupaten Tulungagung, dan ditemukan masalah dalam kemampuan motorik halus yaitu anak belum bisa mengkoordinasikan antara mata dan tangan untuk memasukkan manik-manik dalam benang dan ketidaksabaran anak dalam meronce, kegiatan pembelajaran guru juga kurang menyenangkan. Dari hasil evaluasi menunjukkan hanya 2 anak (20%) dari 10 anak kemampuan meroncenya mencapai hasil yang memuaskan, dan 8 anak (80%) dari 10 anak kurang berhasil dalam meronce manik-manik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran meronce manik-manik berwarna untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan untuk mendeskripsikan penerapan kemampuan motorik halus anak melalui bermain meronce manik-manik berwarna di Tk Islam At-Taqwa KabupatenTulungagung.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dengan2 pertemuan dan siklus 2 dengan 1 pertemuan. Subyek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik data kualitatif yang meliputi cara reduksi data, penyajian data dan pemberian kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain meronce manik-manik berwarna pada anak kelompok A dapat berjalan baik sesuai dengan langkah-langkah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru, penerapan meronce manik-manik berwarna dan peningkatan hasil penilaian aktivitas anak dengan hasil pekerjaan pada siklus I yang mencapai 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan bermain meronce manik-manik berwarna dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Melihat keberhasilan peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain meronce manik-manik berwarna, disarankan bagi guru agar menerapkan meronce manik-manik berwarna melalui bermain dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak.