SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN BOLA KATA UNTUK ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AT – TAQWA KABUPATEN TULUNGAGUNG

Fibrianofi Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Fibrianofi. 2013. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Bola Kata Pada AnakKelompok B TK Islam At-TaqwaKabupatenTulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. KentarBudhojo, M.Pd(2) Dra. Suminah, M.Pd

 

Kata Kunci : kemampuanberbicara, permainanbola kata, anak kelompok B

 

Permasalahan penelitian berdasarkan hasil observasi dilakukan di kelompok B TK Islam At-Taqwa Kabupaten Tulungagung, dan ditemukan masalah dalam kemampuan berbicara yaitu anak belum mampu mendiskripsikan suatu kata menjadi sebuah kalimat dan anak belum bisa berbicara lancar. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan suasana belajar yang kurang menyenangkan bagi anak. Tujuan  penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan penerapan permainan bola kata pada anak kelompok B TK Islam At-Taqwa Kabupaten Tulungagung dan; (2) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbicara melalui permainan bola kata pada anak kelompok B TK Islam At-Taqwa KabupatenTulungagung.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dengan 2 kali pertemuan dan siklus 2 dilakukan 1 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 anak, data dijaring dengan observasi, dokumentasi, dan data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan pemberian kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan  permainan bola kata pada anak kelompok B dapat berjalan baik sesuai dengan rencana, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang sudah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah dalam penerapan permainan bola kata dan peningkatan hasil penilaian proses aktivitas anak pada siklus I yang  mencapai 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. (2) hasil observasi kemampuan berbicara anak juga menunjukkan peningkatan. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bola kata dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Islam At-Taqwa Kabupaten Tulungagung. Permainan bola kata bisa diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini karena permainan bola kata ini sesui dengan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun.