SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Bendogerit I Blitar

Yuanita Hertuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hertuti, Yuanita. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Bendogerit I Kota Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Toha Mashudi, S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Imam Nawawi, M.Si.

 

Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran IPS, model Make A Match.

 

Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN Bendogerit I Blitar yang masih rendah. Karena guru masih memakai metode pembelajaran ceramah, Tanya jawab, hafalan, dan pemberian tugas sehingga pembelajaran kurang menyenangkan yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Bendogerit I Kota Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran  IPS kelas IV SDN Bendogerit I Kota Blitar, (3) mendeskripsikan penerapan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Bendogerit I Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa terlihat pada siklus II yang mencapai 80% siswa yang mengalami peningkatan aktivitas belajar. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap pra tindakan sampai ke  siklus II yaitu 76,8 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 20 siswa yang tuntas belajar dan 5 siswa belum tuntas belajar.   

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan  bahwa penerapan model Make A Match pada pembelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi di kelas IV SDN Bendogerit I Kota Blitar dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas pembelajaran guru , aktivitas belajar siswa dan gasil belajar siswa mulai dari kegiatan pra tindakan, siklus I, sampai dengan siklus II.