SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan dan Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa di SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Fika Ary Yusanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusanti, Fika Ary. 2013. Profil Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan dan Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa di SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sjafruddin, A.R, M.Pd (II) Drs. M. Thoha A.R, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Profil, SDN Tunjungsekar 1 Malang

 

SDN Tunjungsekar 1 merupakan salah satu SD negeri di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang telah melaksanakan pendidikan karakter sejak awal tahun ajaran 2010/2011.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan pembiasaan, kegiatan ekstrakurikuler, nilai-nilai karakter yang bias diinternalisasikan melalui pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler, karakter yang tampak pada siswa setelah diterapkannya pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler pada siswa di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang.

Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model alir (flow model) dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembiasaan dilakukan dengan tiga cara yaitu pembiasaan rutin, spontan, dan keteladan guru.Metode pembiasaan rutin antara lain (1) Jabat tangan setiap pagi sebelum masuk sekolah (2) Melaksanakan piket kelas (3) Berbaris sebelum masuk kelas (4) Do’a bersama sebelum dan sesudah pelajaran (5) Membaca Asmaul Husna (6) Menyanyikan lagu-lagu nasional (7) Meletakkan sepatu pada tempatnya dengan rapi (8.) Sholat dhuha dan sholat Dhuhur berjamaah secara bergiliran. Pembiasaan rutin ini untuk membentuk karakter religius, disiplin, toleransi, bersahabat/komunikatif, mandiri, cinta tanah air, bertanggung jawab, peduli sosial, dan peduli lingkungan.

Pembiasaan spontan diantaranya: (1) Mendoakan siswa, keluarga siswa, guru dan karyawan yang mengalami musibah (2) Berbagi makanan pada teman yang tidak membawa bekal (3) Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan (4) Mengumpulkan sumbangan yang bersifat sosial. Pembiasaan spontan untuk membentuk karakter religius, toleransi, bersahabat /komunikatif, mandiri, peduli sosial, peduli lingkungan. Sedangkan Pembiasaan dengan keteladanan guru yaitu : (1) Berpakaian seragam rapi dan lengkap dengan atribut (2) Menghargai dan memajang hasil kreatifitas siswa (3) Berperilaku sopan, jujur, dan pekerja keras (4) Membimbing dan mengajar siswa dengan ulet dan sabar (5) Siraman rohani bagi guru dan karyawan setiap jumat ke 4. Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter religius, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, menghargai prestasi, jujur, bekerja keras, toleransi, bersahabat/komunikatif, mandiri.

Diharapkan program pembiasaan di sekolah dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan. Karakter yang sudah terbangun di sekolah, diharapkan di rumah orang tua juga selalu berupaya untuk mempertahankan karakter tersebut sehingga perlu adanya kerjasama antara orang tua dengan guru untuk mendukung kegiatan ini.