SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Fun Origami pada Pembelajaran Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Pertiwi I Kalianyar Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Evie Hidayati Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Evie Hidayati. 2013. Pengembangan Multimedia Fun Origami pada Pembelajaran Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Pertiwi I Kalianyar Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn. dan (II) Retno Tri Wulandari, S.Pd.

 

Kata Kunci: Multimedia, Fun Origami, Pembelajaran Motorik Halus

 

Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangannya sedang mengalami proses yang sangat pesat terutama pada aspek motorik halus anak. Salah satu perkembangan motorik halus anak usia diatas 4 tahun adalah melipat kertas. Kemampuan melipat kertas anak kelompok B di TK Pertiwi I Kalianyar yang diamati dari 30 anak, terlihat hanya 7 anak yang mampu melipat kertas menjadi bentuk yang sempurna dan rapi, sedangkan 23 diantaranya masih memerlukan bantuan dalam prosesnya dan hasilnya juga belum sempurna. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam menjelaskan langkah-langkah melipat kertas. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pengembangan multimedia “fun origami”.

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan multimedia “fun origami” pada pembelajaran motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan melipat kertas; (2) menguji kelayakan media yang telah dibuat melalui uji coba pada anak TK Kelompok B di TK Pertiwi I Kalianyar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan rancangan pengembangan yang dilakukan yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) melakukan pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan lembar observasi. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran AUD. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan kriteria/indikator yang telah ditentukan.

Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD. Multimedia ini dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 90,3%, ahli materi dengan persentase total sebesar 81,6%, ahli pembelajaran anak usia dini dengan persentase total sebesar 82,9%, hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase total sebesar 91,4%, dan hasil uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 93,7%.

Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa multimedia yang telah direvisi layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran dan efektif untuk melatih kemampuan motorik halus anak kelompok B. Saran yang diberikan berkaitan dengan pemanfaatan sebaiknya guru tetap memberikan pendampingan pada saat anak menggunakan multimedia secara kelompok dan mandiri.