SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN JENGGOLO 01 KAB. MALANG

FACHDIANA SHANTI WARDHANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Fachdiana Shanti. 2013.  Analisis  Kesalahan  dalam  Menyelesaikan Soal  Operasi Hitung  Pengurangan  Bilangan  Bulat  pada  Siswa  Kelas  V SDN  Jenggolo  01  Kabupaten  Malang.  Skripsi,  Prodi  PGSD,  Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Pembimbing: (I) Dra. Sri Harmini, S. Pd, M. Pd, (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd

 

Kata kunci: analisis, kesalahan, soal, bilangan bulat

 

Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh beberapa siswa. Dalam mempelajari Matematika, siswa harus memahami konsep dan prosedur yang benar, terutama untuk menyelesaikan soal. Namun dalam kenyataannya, masih banyak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan itu perlu dilakukan suatu analisis untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan dan penyebab terjadinya kesalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan bilangan bulat serta mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa kelas V melakukan kesalahan tersebut. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara dengan siswa. Teknik analisis yaitu membandingkan data hasil tes tertulis, data hasil wawancara, dan hasil observasi di tempat penelitian.

Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebesar 11,11% untuk soal nomor 1, 22,22% untuk soal nomor 2, 38,89% untuk soal nomor 3, 58,33% untuk soal nomor 4, 63,89%  untuk soal nomor 5, 55,56% untuk soal nomor 6, 22,22% untuk soal nomor 7, 61,11% untuk soal nomor 8, 41,67% untuk soal nomor 9, dan 58,33% untuk soal nomor 10.

Dari hasil analisis diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam menentukan hasil akhir, kesalahan memindahkan tanda negative dari bilangan pengurang ke hasil akhir, kesalahan menyamakan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, kesalahan mengubah operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada soal, dan kesalahan dalam menggambarkan garis bilangan untuk soal operasi hitung pengurangan bilangan bulat. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa belum memahami konsep bilangan bulat dan siswa belum memahami prosedur penyelesaian soal operasi hitung pengurangan bilangan bulat