SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang

PIPIT KESUMA SUGIARTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugiarti, Pipit Kesuma. 2013. Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Dra. Sri Harmini. S.Pd, M.Pd, (II) Dr. I Made Suardana. S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Rumus Luas Bangun Datar Segiempat, Pendekatan Discovery.

 

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta pemberian tes penjajakan, siswa kelas V di SDN Jenggolo 02 Kepanjen masih banyak yang mengalami kesalahan dalam menuliskan prosedur atau rumus luas bangun datar segiempat. Pada saat mereka diberi tes, siswa cenderung merasa kesulitan karena tidak hafal dengan rumus luas bangun datar. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membimbing siswa untuk bisa menemukan suatu rumus luas bangun datar secara mandiri melalui pendekatan pembelajaran Discovery (Penemuan Terbimbing).

Pendekatan Discovery merupakan kegiatan belajar yang menekankan pada proses dan peran aktif siswa dalam melakukan pengamatan, mengolah bahan ajar, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan dan akhirnya dapat menemukan suatu rumus dengan bantuan arahan yang dirancang oleh guru agar seolah-olah siswa menemukan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal antara lain peningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan rumus luas bangun datar segiempat, peningkatkan aktivitas belajar siswa serta peningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Discovery. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen yang banyaknya 33 siswa dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan model kolaboratif.  Data yang diambil dalam penelitian ini antara lain: data aktivitas guru dalam pembelajaran, data aktivitas belajar siswa, dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Discovery. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.

Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Discovery pada pembelajaran matematika untuk materi Luas Bangun Datar Segiempat di kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen telah berhasil dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keterlaksanaan  penerapan pendekatan pembelajaran Discovery pada siklus I dan siklus II. Guru sudah melakukan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah pendekatan Discovery yaitu yang dimulai dengan pemberian Stimulus kepada siswa kemudian dilanjutkan dengan tahap Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verifikasi, dan tahap terakhir Generalisasi. Peningkatan aktivitas guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Discovery ini juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sugiarti, Pipit Kesuma.  2013.  Discovery Approach for Improving Capability Build Find Flat Quadrilateral Area Formulas Fifth Grade Students of SDN Jenggolo 02 Kepanjen Malang.  Thesis, Studies Elementary Teacher Education, Department of Elementary and Preschool Education, Faculty of Education, University of Malang.  Supervisor: (I) Dra.  Sri Harmini.  S.Pd, M. Pd (II) Dr.  I Made Suardana.  S.Pd, M.Pd.

 

Keywords: Formula Area of Wake Flat Four, Discovery Approach.

 

Based on observations, interviews, as well as providing an assessment test, fifth grade students at SDN Jenggolo 02 Kepanjen still a lot that has an error in procedure or formula extensive write up a flat rectangle.  When they were given the test, students tend to find it difficult because they do not memorize the formula for the area up flat.  Therefore we need an approach to learning that can guide the students to be able to find a formula for the area on their own flat awake through learning approach Discovery (Guided Discovery).

Discovery is an approach that emphasizes learning process and students' active role in making observations, materials processing, classifying, making allegations, explaining and finally able to find a formula with the help of referrals that are designed by teachers to be as if the students find their own knowledge.  This research was conducted with the aim to describe several things including increasing students 'ability to find a formula for the area up flat quadrilateral, enhancing students' learning activities and increasing student learning outcomes through Discovery approach. The research was conducted at the fifth grade students of SDN Jenggolo 02 Kepanjen that consist of 33 students using the Classroom Action Research design collaborative model.  The data taken in this study include: the teacher in the learning activity data, activity data of student learning, and student learning outcomes data using a Discovery approach.  The data was collected using observation, interviews, tests, and documentation.

Conclusions obtained in this study is the application of this approach to learning mathematics Discovery Area to Build Flat Quadrilateral materials in class V SDN Jenggolo 02 Kepanjen has been successfully implemented.  This is indicated by an increase in the application of learning approaches Discovery feasibility in the first cycle and second cycle.  Teacher learning is done in accordance with the approaching steps that starts with the Discovery that is providing stimulus to the students later followed up by the Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verification, and the last stage of generalization.  Increased activity of the teacher in providing learning using Discovery's approach was also influenced by increased activity and student learning outcomes.