SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Mengapresiasi Prosa Melalui Metode Sosiodrama Siswa Kelas V SDN Candirenggo 4 Singosari Kabupaten Malang.

Nuril Jamilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamilah, Nuril. 2013. Peningkatan Keterampilan Mengapresiasi Prosa Melalui Metode Sosiodrama Siswa Kelas V SDN Candirenggo 4 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Rumidjan, M.Pd., (II) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: apresiasi, prosa, metode sosiodrama, sekolah dasar.

Bagi anak usia SD, belajar yang perlu ditekankan adalah melalui pengalaman langsung. Pengalaman langsung akan membuat pengetahuan yang mereka dapat lebih bertahan lama di otak dari pada mendengarkan ceramah guru. Penerapan pengajaran sastra di sekolah dasar masih kurang efektif dan sering menimbulkan masalah dalam mengajarkannya. Kemampuan belajar siswa kelas V SDN Candirenggo 4 Singosari Kabupaten Malang dalam mengapresiasi prosa perlu ditingkatkan lagi. Agar dalam mempelajari sebuah prosa menjadi menyenangkan, maka diperlukan sebuah metode yang sesuai yaitu dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi prosa melalui metode soiodrama siswa kelas V SDN Candirenggo 4 Singosari Kabupaten Malang.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dalam hal ini, peneliti sebagai instrumen utama. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus mempunyai tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi, dan perbaikan perencanaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Candirenggo 4 Singosari Kabupaten Malang pada siswa kelas V. Lokasi sekolah terletak di Jalan Kertarejasa No. 25 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dalam proses pembelajaran sebelum maupun sesudah dilakukan tindakan dan data mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan metode sosiodrama berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam mengapresiasi prosa. Hasil belajar siswa, nilai rata-rata, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari pratindakan, siklus-1, dan siklus-2. Secara berturut-turut nilai rata-rata siswa adalah 69,72; 71,88; 83,6 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 32%, 56%, 80%.

Dari deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada keterampilan mengapresiasi prosa. Bagi para peneliti lebih lanjut disarankan untuk memperhatikan alokasi waktu karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Hendaknya guru benar-benar dapat mengatur alokasi waktu yang tersedia. Penelitian ini diharapkan dapat menambah daftar reverensi metode pembelajaran yang dapat dipilih guru dan permasalahan belajar yang dihadapi oleh siswa dapat terpecahkan sehingga siswa dapat berprestasi lebih baik.