SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN KARANG WIDORO 02 KECAMATAN DAU KABUPTEN MALANG

Rian Kusumaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumaningrum, Rian.2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Project Based Learning Siswa Kelas IV SDN Karang Widoro 02  Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sjafruddin A.R, M.Pd, (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, model Project Based Learning, SD

Keterampilan menulis diajarkan di SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis karangan deskripsi. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas IV SDN Karang Widoro, ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis antara lain: (1) pembelajaran hanya menggunakan model yang konvensional dan kegiatan pembelajaran yang kurang inovatif, (2) siswa kesulitan untuk berfikir kreatif dan menuangkan ide, gagasan, pikiran  ke dalam bentuk tulisan, (3) siswa kurang menguasai materi tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran yang dapat menciptakan situasi pembelajaran yang bervariasi dan meningkatkan aktivitas siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi salah satunya dengan menggunakan model Project Based Learning

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02, (2) mendeskripsika peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 dilihat dari: isi karangan, pengorganisasian karangan, pilihan kata (diksi), tata bahasa, dan  mekanika penulisan dengan model Project Based Learning.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Pada penelitian ini, peneliti sebagai instrumen utama penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Karang Widoro 02 dengan jumlah 13 siswa.Data diperoleh dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran menulis karangan deskripsi berdasarkan: (1) observasi, (2) hasil tes awal dan tes saat tindakan, (3) angket siswa, dan (4) dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karanga deskripsi dengan memperhatikan ejaan. Berdasarkan  analisis data hasil penelitian setelah di terapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Pada pelaksanaan pratindakan hasil yang didapat yaitu 38.5%, sedangkan pada pelaksanaan siklus I hasil yang didapat  meningkat yaitu 61,57% dan pada saat pelaksanaan siklus II hasil yang didapat semakin meningkat yaitu 84,61%. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kabupaten Malang.