SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Mind Mapping Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di SDN Sombron Kabupaten Nganjuk

gagik adi wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Gagik Adi. 2013. Penerapan Mind Mapping Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di SDN Sombron Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Program S1 PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd , (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si.

 

Kata Kunci: Mind mapping berbasis Eksperimen, Pembelajaran, IPA SD.

 

Mind mapping berbasis eksperimen merupakan gabungan model pembelajaran mind mapping dengan metode eksperimen. Dengan penerapan mind mapping berbasis eksperimen akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami konsep pembelajaran, lebih terampil dalam menggunakan alat, dan siswa bisa mengkonstruksi pengetahuannya dengan mudah

Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV pada pembelajaran IPA guru mengajar dengan memberikan materi  kepada siswa dengan cara ceramah dan siswanya mencatat serta guru hanya menggunakan buku untuk media mengajarnya. Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku kemudian dibahas bersama. Selain itu,  guru tidak menggunakan model yang bervariasi, guru hanya mengajar secara klasikal. Hasil belajar siswa juga kurang memuaskan. Berkaitan dengan hal itu, perlu diadakan perbaikan pembelajaran IPA di kelas IV dengan penerapan mind mapping berbasis eksperimen.

Masalah yang akan diteliti yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan mind mapping berbasis eksperimen pada pembelajaran IPA? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa pada pembelajaran IPA? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA?. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sombron Kabupaten Nganjuk. Data yang dikumpulkan berupa penerapan mind mapping berbasis eksperimen, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. 

Berdasarkan hasil observasi, diketahui penerapan mind mapping berbasis eksperimen pada siklus I diperoleh keberhasilan 83,3%. sedangkan pada siklus II diperoleh keberhasilan 100%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79 sedangkan pada siklus 2  memperoleh nilai rata-rata 87,7. Hasil belajar siswa pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 56,2 dengan ketuntasan klasikal 26,7%. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 62,3 dengan ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 60%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 66,7 dengan ketuntasan klasikal 73,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan mind mapping berbasis eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV khususnya pada materi energi dan perubahannya. Untuk itu disarankan guru kelas IV SD menenerapkan mind mapping berbasis eksperimen dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi pokok energi dan perubahannya