SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN JATIMULYO 5 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

tyka - trisna

Abstrak


ABSTRAK

Trisna, Tyka 2013. Pengembangan LKS IPA Berbasis Eksperimen di Kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Estu Winahyu, M.Pd., (II)  Dra. Hj. Sukamti, M.Pd.

 

Kata Kunci: LKS, IPA, Berbasis Eksperimen   

 

LKS IPA Berbasis Eksperimen merupakan perpaduan antara pemanfaatan  LKS sebagai alat bantu mengajar dengan menggunakan metode eksperimen. Manfaat LKS IPA Berbasis Eksperimen dalam dunia pendidikan yaitu dapat membantu guru mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitasnya sendiri atau dalam kelompok kerjanya, juga dapat mengembangkan keterampilan proses, mengembangkan sikap ilmiah serta membangkitkan minat siswa terhadap alam sekitarnya. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk alat bantu belajar berupa LKS IPA Berbasis Eksperimen  yang layak menurut ahli teori, menurut pengguna dan menurut siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall. Data penelitian berupa hasil validasi, diperoleh dari ahli materi, guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan analisis data dimulai dari (1) observasi dan pengumpulan informasi awal (research and information collecting), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product) (4) validasi ahli, (5) revisi draf  produk yang telah diujicobakan kepada ahli, (6) validasi perorangan (guru) (7) revisi draf yang telah diuji cobakan kepada praktikan (guru), (8) produk diujicobakan kepada kelompok terbatas/kecil (siswa), (9) revisi produk akhir, (10) Produk jadi.

Metedo pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada validasi ahli, validasi perorangan, validasi terbatas, dan dari kelompok terbatas. Alat bantu belajar berupa LKS IPA berbasis Eksperimen ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai alat bantu mengajar IPA dengan materi energi di SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik yaitu dari ahli materi didapatkan skor 91,6%,darim validasi perorangan mendapatkan skor 96,4% sedangkan dari siswa didapatkan skor persentase sebesar 87,3%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS IPA Berbasis Eksperimen khususnya materi energi kelas IV di SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ini termasuk kualifikasi sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu belajar. Disarankan bagi pengambang berikutnya untuk mengatasi keterbatasan LKS IPA Berbasis Eksperimen ini dapat membuat LKS IPA Berbasis Eksperimen yang lebih sempurna, baik dari segi tampilan, gambar, maupun kegiatan percobaan yang digunakan agar dapat berfungsi lebih maksimal.