SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IVB SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang

Agung Hermawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Hermawan, Agung. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IVB SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. A. Badawi, S.Pd, M.Pd, (2) Dra. Wiwik Dwi H., S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Menulis, Karangan Narasi, Model Pembelajaran Picture and Picture, Sekolah Dasar

 

Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan secara logis. Berdasarkan observasi awal di SDN Oro-Oro Kota Malang, diketahui bahwa kemampuan menulis karangan siswa kelas IVB masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis karangan dari 27 siswa yang ada, 14,8% mendapatkan nilai A (baik sekali), 22,2% mendapat nilai B (baik), 14,8% mendapat nilai C (cukup), 33,3% mendapat nilai D (kurang), dan 14,8% mendapat nilai E (gagal) dengan tingkat ketuntasan klasikal 51,8%. Kemampuan menulis karangan yang masih rendah ini disebabkan guru yang tidak menggunakan media pada waktu pembelajaran, minat baca dan daya imajinasi anak yang tergolong rendah, serta tidak tertariknya para siswa pada dunia tulis-menulis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model picture and picture, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelejaran picture and picture.

Berdasarkan latar belakang yang disusun, maka dapat dipaparkan kajian pustaka yang disusun meliputi: ketrampilan menulis, karangan narasi, pembelajaran menulis di SD, model pembelajaran picture and picture, dan penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan narasi.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 skilus dengan subjek penelitian siswa SDN kelas IVB SDN Oro-Oro Dowo kota Malang. Standar Kompetensi “Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.”

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan: (1) aktivitas guru dari siklus I ke siklus II mempunyai rata-rata sama baik yaitu 95%, (2) aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 79,43 meningkat menjadi 84,36 pada siklus II, (3) hasil belajar siswa mulai dari pratindakan sampai dengan siklus II meliputi: siswa yang mendapatkan nilai A (baik sekali) pada pratindakan sebesar 14,8% meningkat menjadi 33,33% pada siklus I dan 44,44% pada siklus II. Siswa yang mendapatkan nilai B (baik) pada pratindakan sebesar 22,2% tetap 22,2% pada siklus I dan meningkat menjadi 29,63% pada siklus II. Siswa yang mendapatkan nilai C (cukup) pada pratindakan 14,8% meningkat menjadi 25,93% pada siklus I dan menurun pada siklus II menjadi 22,22%. Siswa yang mendapatkan nilai D (kurang) pada pratindakan sebesar 33,3% menurun menjadi 11,11% pada siklus I dan semakin menurun menjadi 3,71% pada siklus II. Siswa yang mendapat nilai E (gagal) pada pratindakan sebesar 14,8% menurun menjadi 7,41% pada siklus I dan 0% pada siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal telah mencapai tingkat batas ketuntasan minimal 85% dari jumlah siswa dengan peningkatan yang semula pada pratindakan 51,85% menjadi 81,5% pada siklus I dan 96,29% pada siklus II.

Berdasarkan paparan yang telah disampaikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Peneliti juga menyarankan hendaknya guru mengatur alokasi waktu yang tersedia dengan baik.