SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dian Novianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Novianti, Dian. 2013. Pengembangan Modul IPA Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sumanto, M.Pd, (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si.

 

Kata Kunci: modul, IPA, pembelajaran individual.

 

Setiap siswa adalah individu yang unik dan memiliki kecepatan belajar sendiri-sendiri. Bagi siswa kelas tinggi, mereka dituntut untuk dapat belajar secara mandiri, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan ajar yang dapat menuntun siswa agar dapat belajar secara mandiri sekaligus untuk belajar sesuai kecepatannya masing-masing. Modul merupakan bentuk bahan ajar yang dapat melayani kebutuhan tersebut. Berdasarkan observasi di SDN Bareng 03 diketahui bahwa belum ada bahan ajar berupa modul yang digunakan siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup. Selain itu siswa juga kurang mampu belajar secara mandiri di kelas serta jarangnya penggunaan pembelajaran individual untuk melayani kecepatan belajar yang berbeda pada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul yang layak menurut ahli materi, ahli media, guru, dan siswa.

Penelitian ini termasuk penelitian Research & Development dengan menggunakan model pengembangan dari Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yakni (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Data kualitatif diperoleh dari hasil pengisian instrumen angket dan komentar serta saran dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Uji coba kelompok terbatas dilakukan kepada 12 siswa kelas V SDN Bareng 03.

Modul yang dikembangkan ini terdiri dari cover, daftar isi, petunjuk untuk guru, petunjuk untuk siswa, peta konsep, modul bagian 1 (adaptasi hewan), modul bagian 2 (adaptasi tumbuhan), rangkuman materi, uji kompetensi 1, uji kompetensi 2, kunci jawaban, dan penilaian.

Hasil validasi produk menunjukkan kriteria valid dari ahli materi dengan skor 92,87% dan ahli media dengan skor 89,70%. Sedangkan hasil validasi dari ahli penerapan lapangan mendapat skor 94,44% dan dari uji coba kelompok terbatas dengan skor 91,28%, yang keduanya menunjukkan kriteria valid. Data tambahan yang juga diperoleh dari uji coba kelompok terbatas yakni hasil pre test dengan nilai rata-rata 62,91 dan post test dengan nilai rata-rata 82,35. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul layak digunakan dalam pembelajaran.

Dalam pemanfaatannya pada proses belajar mengajar, disarankan agar guru tetap meberikan bimbingan kepada siswa, meskipun disini guru hanya sebagai fasilitator, kemudian juga diperlukan beberapa media lain yang mendukung pembelajaran modul. Selanjutnya modul pembelajaan ini perlu diujicobakan pada lingkup lebih luas untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul.