SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis dalam Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV Gugus 3 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek

Ripto Handoyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Handoyo, Ripto. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis dalam Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV Gugus 3 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. A. Badawi, M.Pd (2) Muh. Arafik, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: kesalahan berbahasa Indonesia, karangan narasi, siswa kelas IV, SD.

 

Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis. Dalam proses belajar bahasa tentunya ditemukan kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan tersebut merupakan hal wajar dari salah satu proses yang dilalui siswa dalam belajar bahasa. Keadaan seperti itu apabila dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang kurang baik dan cenderung akan berulang kembali. Kesalahan dalam berbahasa siswa khususnya bahasa tulis harus diminimalisir. Hal ini dapat dilakukan apabila guru mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan siswa dalam berbahasa Indonesia (huruf kapital, morfem “di”, dan frasa)  pada karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif (kuantitatif deskriptif). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang terdiri dari 7 SDN yaitu SDN 1 Wonorejo, SDN 2 Wonorejo, SDN 1 Jajar, SDN 2 Jajar, SDN 1 Ngrayung, SDN 2 Ngrayung, dan SDN 3 Ngrayung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase.

Berdasarkan hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada karangan narasi siswa kelas SDN Gugus 3 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek diperoleh hasil (1) kesalahan penggunaan huruf kapital mencapai 1990 kesalahan dari 2483 penulisan huruf kapital yang benar atau 80,14% termasuk dalam kategori banyak sekali, (2) kesalahan penggunaan morfem “di” mencapai 222 kesalahan dari 503 penggunaan morfem “di” atau 44,14% termasuk dalam kategori agak banyak, (3) kesalahan frasa mencapai 445 kesalahan dari 4358 penggunaan frasa pada karangan atau 10,21% termasuk dalam kategori sedikit.

Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk guru dalam mengajar agar selalu mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia baku. Guru juga hendaknya menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam mengarang agar kesalahan tidak terulang kembali. Bagi siswa hendaknya selalu terus belajar dan berlatih agar terbiasa menulis dengan baik dan benar. Bagi peneliti lainnya disarankan untuk meneliti kesalahan semua aspek berbahasa Indonesia dalam bahasa tulis siswa.