SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Jetis 1 Pace Nganjuk

Farida Nur Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Farida Nur. 2013. Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Jetis 1 Pace Nganjuk . Skripsi, Program Studi S1 PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Muchtar, S.Pd, M.Si. (2) Drs. M. Imron Rosyadi H.Sy, S. Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model example non example, hasil belajar, PKn

 

Adanya pembelajaran PKn di sekolah dasar diharapkan siswa mampu berinteraksi dengan lingkungan di sekitar sekolah. Berdasarkan pemahaman tersebut, keberadaan mata pelajaran PKn mempunyai peran yang penting karena berhubungan dengan sikap atau mental siswa pada masa yang akan datang. Terdapat perbedaan strategi pembelajaran dulu dan sekarang. Dulu pembelajaran PKn menggunakan metode ceramah. Sekarang banyak terdapat model pembelajaran yang bervariasi salah satu contohnya model pembelajaran kooperatif  example non example. Dalam menyampaikan materi pembelajaran PKn untuk siswa Sekolah Dasar (SD) harus diberikan secara konkrit. Hal ini bertujuan agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan dicapai. Berdasarkan observasi pada 10 Januari 2013 di SDN Jetis I Pace Nganjuk yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, tingkat hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn cenderung rendah. Hal tersebut dapat terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran PKn. Dari 16 siswa, 13 siswa (81,25%) belum tuntas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model example non example pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Jetis 1 Pace, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Jetis 1 Pace setelah diterapkan model example non example.

Peneltian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jetis 1 Pace sebanyak 16 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN Jetis I Pace. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan 59,63 meningkat menjadi 63,13 pada siklus I. Dari siklus 1 ke siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 63,13 menjadi 82,5 pada siklus II.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN Jetis 1 Pace. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan: Guru hendaknya memperhatikan langkah-langkah pembelajaran example non example dengan baik. Guru hendaknya membagi kelompok secara heterogen berdasarkan jenis kelamin, tingkat kecerdasan, dan tingkah laku siswa tersebut. Guru hendaknya dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami. Guru hendaknya lebih sering membagi siswa untuk berkelompok. Bagi peneliti lain dapat menggunakan model pembelajaran example non example yang lebih baik dan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.