SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA KARTU SIMBOL UNTUK PENGUASAAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV DI SDN TULUNGREJO 02 NGANTANG MALANG

Fifia Nofita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Fifia Nofita. 2012. Penggunaan Media Kartu Simbol untuk Penguasaan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Di SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang. Skripsi, Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Setyo Winarni, M.Pd, (II) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd .

 

Kata Kunci: media kartu simbol, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

 

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Tulungrejo 02 yang berdasarkan hasil tes penjajakan sebelumnya, ditemukan bahwa kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes tersebut, siswa banyak melakukan kesalahan pada soal tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selain itu, dari hasil tes pra tindakan (pretes) kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diperoleh nilai rata-rata sebesar 52,81. Dari siswa kelas IV yang banyaknya 27 anak, 23 siswa belum tuntas belajar dan memperoleh nilai di bawah KKM, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 14,81%. Hasil ini masih jauh dari persentase ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu ≥ 70%.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang, (2) mendeskripsikan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang setelah dibelajarkan dengan media kartu simbol.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang sebanyak 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu simbol dapat meningkatkan penguasaan siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.  Dari hasil evalusi/tes kemampuan siswa diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata kelas telah meningkat dari pretes ke siklus 1 dan siklus 2. Hasil nilai rata-rata kelas pada saat pretes yaitu 52,81 atau 52,81% meningkat menjadi 80,57 atau 80,57% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 82,96 atau 82,96% pada siklus 2. Dengan peningkatan dari pretes ke siklus 1 sebesar 27,76% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2,39%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan media kartu simbol dapat dipertimbangkan sebagai alternatif media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.