SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model CLIS (Children Learning In Science) untuk Materi Sifat-Sifat Cahaya di Kelas V SD

MARRYNE TRI SUWINDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Suwinda, Marryne Tri. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model CLIS (Children Learning In Science) untuk Materi Sifat-Sifat Cahaya di Kelas V SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd, (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Model CLIS

 

Model pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif bagi siswa. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran IPA yaitu model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science). Hal itu dikarenakan, model CLIS merupakan suatu model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang permasalahan tertentu dengan melakukan percobaan atau pengamatan menggunakan LKS untuk menemukan gagasan baru yang selanjutnya akan dibandingkan dengan gagasan awal siswa. Agar model CLIS dapat dilaksanakan dengan baik dalam pembelajaran maka perlu dibuat rancangan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, analisis perangkat pembelajaran, dan observasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru perlu untuk diperbaiki. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil fokus pengembangan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran IPA.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran IPA model CLIS untuk materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD yang layak menurut penilaian yang diberikan oleh para ahli dan telah diujicobakan kepada siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangakan terdiri dari silabus dan RPP.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Sammel, and Sammel. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan hanya sampai pada tahap Develop dikarenakan keterbatasan waktu dalam menyusun perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi.

Perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh dua orang validator yaitu ahli pembelajaran IPA dan pengguna. Hasil validasi akhir yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA yaitu satu orang dosen menyatakan persentase sebesar 91,67% untuk silabus dan 93,75% untuk RPP yang artinya produk yang dikembangkan ini sangat valid. Hasil validasi dari pengguna yaitu guru mata pelajaran IPA di kelas V menyatakan persentase sebesar 95,83% untuk silabus dan 98,33% untuk RPP yang berarti bahwa produk yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA Model CLIS untuk materi sifat-sifat cahaya yang dikembangkan sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan, saran diseminasi, dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa perangkat pembelajaran CLIS ini dikembangkan pada materi lain tidak hanya pada materi sifat-sifat cahaya saja. Saran diseminasi produk ditujukan kepada guru dan instansi pendidikan lain supaya bersedia untuk memanfaatkan produk berupa perangkat pembelajaran IPA model CLIS sebagai salah satu alternatif dari perangkat pembelajaran yang akan digunakan. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyusun percobaan-percobaan yang berbeda dari yang telah dikembangkan sebelumnya.