SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU HUBUNG TITIK BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL- FADHOLI MERJOSARI MALANG

Shinta Meylani Putri Hardhini

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardhini, Shinta Meylani Putri. Pengembangan Buku Hubung Titik Berwarna untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak  di Kelompok Bermain Al- Fadholi Merjosari Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I)Drs. Tomas Iriyanto, S. Pd, M. Pd, (II)Retno Tri W, S. Pd,   M. Pd.

 

Kata Kunci: Buku Hubung Titik Berwarna, Motorik Halus, Kelompok Bermain.

 

Kelompok Bermain merupakan wadah pembinaan sebagai usaha kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain dan menyelenggarakan pendidikan prasekolah. Motorik Halus merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan. Guru sering menggunakan menebalkan titik-titik, menempel gambar, bermain air dan pasir. Perlu media baru untuk meningkatkan motorik halus anak. Maka peneliti mengembangkan media yang dapat digunakan di kelompok bermain berupa Buku Hubung Titik Berwarna untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelompok Bermain Al-Fadholi Merjosari Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Hubung Titik Berwarna yang diharapkan mudah dilakukan anak Kelompok Bermain serta memberikan alternative  media pembelajaran baru bagi guru dalam mengajar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain Al-Fadholi Merjosari Malang. Prosedur penelitian diawali dengan pengumpulan data awal, desain produk, validasi desain (ahli media dan ahli pembelajaran), uji kelompok Kecil dan uji lapangan (kelompok besar). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi (hasil karya). Intrumen yang digunakan untuk menggumpulkan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan hasil karya anak. Analisis data menggunakan data skala dan rumus persentase.

Berdasarkan analisis data keseluruhan produk ini termasuk kategori baik dan dapat digunakan. Hasil akhir dari produk ini adalah sebuah buku Hubung Titik Berwarna berisi 22 halaman dengan tema yang berbeda, masing-masing tema berisi garis tegak, datar, miring, lengkung dan ada yang berisi variasi dari garis. Produk ini dihubungkan menggunakan krayon atau pensil hingga membentuk garis dan gambar yang diinginkan.

Berdasarkan penelitian disarankan sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah yang akan dituju serta disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait. Bagi guru atau pendidik disarankan menambah variasi garis agar anak tidak bosan . Bagi peneliti yang ingin mengembangkan aktivitas yang sama hendaknya mengembangkan lebih luas lagi, pengembangan buku ini hanya terbatas pada validitas saja belum mencapai tingkat efektifitas sehingga dapat dilakukan penelitian yang mengkaji tingkat efektifitas.