SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SDN TURI 02 KOTA BLITAR

Yulita Seltubir

Abstrak


ABSTRAK

 

Seltubir, Yulita. 2012. Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Menghargai Keputusan Bersama Melalui Metode Role Playing di Kelas V SDN Turi 02 Kecamatan Sukorejo Kota  Blitar.Skripsi, Program SI PGSD jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah  FIP Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dra Widayati M.H, (II) Suwarti S.Pd.M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn,Role Playing

 

Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran PKn kelas V di SDN Turi 02,diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas V.Permasalahan tersebut antara lain: (1) terjadi kebosanan pada siswa pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional; (2) siswa terlihat pasif pada saat pembelajaran PKn.Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah. Untuk itu perluh diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah  satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode role playing, yaitu metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.Langka  PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langka berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar dengan jumlah siswa 33 anak. Teknik yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Turi 02. Hal ini dilihat dari hasil observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata evaluasi yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (55,57) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata sebelumnya (71,75) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (78,78) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar (73,78) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (84,84) disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.