SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Madyopuro 6 Kedungkandang-Malang

Ani Ginting Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Ani Ginting. 2012. Penerapan Model Peta Konsep untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Madyopuro 6 Kedungkandang-Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Estu Winhyu, M.Pd, (2) Heru Agus Triwidjaja, M. Pd.

 

Kata kunci: Pembelajaran, IPA, Peta Konsep.

 

IPA merupakan kumpulan hasil kegiatan empirik dan analitik manusia berupa fakta, konsep, prinsip dan teori. Hasil observasi menyatakan bahwa pembelajaran IPA di SDN Madyopuro 6 didominasi dengan kegiatan ceramah. Aktivitas siswa terbatas pada mendengarkan dan menulis. Pengetahun guru tentang model pembelajaran masih minim. Hasil belajar rata-rata 59,29. Hanya 2,04 % siswa yang mampu mencapai KKM yaitu 75,33.Guru mengalami kesulitan dalam memberikan materi yang menuntut siswa untuk menghafal. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi rangka yaitu dengan model peta konsep.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran IPA di kelas IV, aktivitas siswa selama berlangsungnya penerapan  model peta konsep pada pembelajaran IPA di Kelas IV, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model peta konsep pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Madyopuro 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru IPA Kelas IV sebagai observer dan seorang teman sejawat yang bertugas dalam pengambilan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang guru IPA dan siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.

Penerapan model peta konsep mncakup 4 langkah kegiatan, yaitu menentukan konsep utama, menempatkan konsep utama di tengah atau di puncak peta, mengelompokkan sub-sub konsep di sekeliling konsep utama, serta memberikan preposisi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada penerapan mdel peta konsep telah meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV. Hal ini ditandai dengan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 77,5 dan meningkat menjadi 89,9 pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 55,85% meningkat menjadi 79,35% pada siklus II. Hasil belajar siswa yang mampu meraih KKM telah mencapai target yang diharapkan yaitu lebih dari 75%. Penerapan model peta konsep dapat diberikan untuk materi yang luas dan menuntut hafalan. Seperti materi rangka sebaiknya digunakan model pembelajaran peta konsep.