SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN PAKISAJI

Ika Suryanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryanti, Ika. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Visual dengan Media Audio Visual pada mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Pakisaji. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarno, M.Pd (2) Drs. Toha Mashudi, S. Pd M. Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Visual, media Audio Visual, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),

 

Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual adalah sebuah cara pembelajaran dengan menggunakan media yang mengandung unsur suara dan visual yang  melibatkan indra penglihatan dan indra pendengaran. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dirasa kurang interaktif bagi siswa karena siswa hanya dihadapkan pada buku teks saja. Media audio visual yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif  ini ditawarkan sebagai inovasi media dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa melalui media visual dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, (2) Menjelaskan apakah terjadi perbedaan hasil belajar antara pembelajaran melalui media visual dan audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen (Pretest-Postest control Group Design). Subyek penelitian melibatkan semua siwa Kelas IV semester satu di SDN Kebonagung 02 dan SDN Kebonagung 06 Kabupaten Malang dengan jumlah masing-masing sekolah terdapat 44 siswa.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh perhitungan perbedaan  hasil nilai rata-rata kedua kelompok (gain score) diperoleh hasil kelompok eksperimen (19,32) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (14,09). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh nilai probabilitas ≤ 0,05 (0,01 ≤ 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui media visual dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Pakisaji.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui media visual berupa gambar dengan media audio visual berupa CD Interaktif pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Pakisaji. Maka saran yang dapat diberikan (1) guru dapat menggunakan media pembelajaran audio visual sberupa CD Interaktif sebagai salah satu alternatif  pilihan dalam melaksanakan pembelajaran IPS SD (2) guru lebih menguasai dalam mengoperasikan media pembelajaran audio visual berupa CD Interaktif  sehingga penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan (3) sekolah dapat mengupayakan media pembelajaran audio visual berupa CD Interaktif  diterapkan pada mata pelajaran IPS.